Membahas materi pengantar bisnis mengenai makna bisnis dari konteks entitas dan konteks aktivitas, pengertian bisnis menurut para ahli, pemangku kepentingan bisnis, dan makna tentang manajemen. Yuk, kita simak bersama!
Makna Bisnis:
a. Konteks
entitas
Bisnis adalah
suatu organisasi atau badan lain yang bergerak dalam kegiatan komersial,
profesional, atau industri untuk memperoleh keuntungan.
b. Konteks
aktivitas
Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang atau jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Pengertian bisnis menurut para ahli:
a.
Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, Bisnis adalah
suatu kegiatan usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan dan menjual
barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat.
b.
Brown dan Pretello
Menurut Brown dan Pratello,
pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang
dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang
dilakukan pemerintah maupun swasta tidak
peduli mengejar laba ataupun tidak.
c.
Jeff Madura
Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan
yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan atau
masyarakat pada umumnya.
d.
L.R. Dicksee
Menurut L.R. Dicksee, definisi bisnis
adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh
keuntungan (laba) bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam
terjadinya aktivitas tersebut.
3. Pemangku kepentingan bisnis ada 2, yaitu:
a. Pemangku Kepentingan
Internal
- Pemegang saham (berperan sebagai penyedia
modal dalam perusahaan agar berjalan professional dan sebagai pengawas
yang mengawasi kinerja bawahannya)
- Manajemen dan top executive (membuat keputusan
dan memiliki informasi rinci)
- Pegawai (orang yang berkaitan
langsung dengan proses produksi)
- Konsumen (berperan sebagai pemangku kepentingan karena yang menggunakan produk kita dan menilainya)
- Pesaing/competitors ( pesaing langsung adalah perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang sama dalam industri tersetentu dan turut berperan dalam pengambilan keputusan, kebijakan, dan proyek perusahaan)
- Suplliers/pemasok (dapat memengaruhi kinerja pekerjaan sehingga mereka juga turut menjadi pemangku kepentingan)
- Pemerintah (pihak yang berwenang dan kuasa dalam mengeluarkan perijina usaha dan keputusan yang diambil pemerintah baik pusat atau daerah memengaruhi kebijakan, keputusan, dan proyek yang akan dilaksanakan suatu perusahaan)
- Distributor (penyalur produk kita ke konsumen)
- Bank/kreditor (individu atau kembaga keuangan yang memberikan pinjaman kepada pengusaha)
- Komunitas (sumber feedback terbaik untuk bisnis, sumber informasi dan dapat menjadi sumber riset)
- Pers (sebagai sarana informasi produk atau sarana untuk memasarkan produk)
4. Makna
manajemen menurut beberapa ahli :
a. Mary
Parker F
Pengertian manajemen
adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Di sini
berarti bahwa seseorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan oranglain
untuk mencapai tujuan organisasi.
b. Oey
Liang Lee
Menurut Oey Liang
Lee, pengertian manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan,
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya
yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
c. Stoner
Menurut Stoner
manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya
organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5. Keputusan keputusan penting yg dilakukan oleh perusahaan ada 4 fungsi yaitu:
- Manajemen SDM. Manajemen sumber daya
manusia merupakan suatu proses yang mengatur hubungan dan peranan
tenaga kerja agar dapat membantu terwujudnya tujuan perusahaan atau
organisasi.
- Manajemen Pemasaran. Manajemen pemasaran
adalah perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian program yang
dirancang untuk membuat dan memenuhi permintaan akan penawaran produk atau
layanan perusahaan sebagai cara untuk menghasilkan keuntungan.
- Manajemen Operasi/Produksi. Manajemen
operasi/produksi adalah usaha pengelolaan secara maksimal semua faktor
produksi dalam proses tranformasi untuk menjadi berbagai macam produk
barang dan jasa.
- Manajemen Keuangan. Manajemen keuangan
adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian
dana dan aset yang dimiliki perusahaan.
Post a Comment
Post a Comment