-->

PENGANTAR BISNIS - Pengertian Bisnis Menurut Ahli, Makna Bisnis, dan Pemangku Kepentingan Bisnis

Membahas materi pengantar bisnis mengenai makna bisnis dari konteks entitas dan konteks aktivitas, pengertian bisnis menurut para ahli, pemangku kepentingan bisnis, dan makna tentang manajemen. Yuk, kita simak bersama!




Makna Bisnis:

a.       Konteks entitas

Bisnis adalah suatu organisasi atau badan lain yang bergerak dalam kegiatan komersial, profesional, atau industri untuk memperoleh keuntungan.

b.      Konteks aktivitas

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang atau jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. 


Pengertian bisnis menurut para ahli:

a. Hughes dan Kapoor

Menurut Hughes dan Kapoor, Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

b. Brown dan Pretello  

            Menurut Brown dan Pratello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun  swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

c. Jeff Madura

Menurut Jeff  Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan atau masyarakat pada umumnya.

d. L.R. Dicksee

Menurut L.R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan (laba) bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

 

3.      Pemangku kepentingan bisnis ada 2, yaitu:

    a.     Pemangku Kepentingan Internal

  • Pemegang saham (berperan sebagai penyedia modal dalam perusahaan agar berjalan professional dan sebagai pengawas yang mengawasi kinerja bawahannya)
  • Manajemen dan top executive (membuat keputusan dan memiliki informasi rinci)
  • Pegawai  (orang yang berkaitan langsung dengan proses produksi)
    b.      Pemangku Kepentingan Eksternal
  • Konsumen (berperan sebagai pemangku kepentingan karena yang menggunakan produk kita dan menilainya)
  • Pesaing/competitors ( pesaing langsung adalah perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang sama dalam industri tersetentu dan turut berperan dalam pengambilan keputusan, kebijakan, dan proyek perusahaan)
  • Suplliers/pemasok (dapat memengaruhi kinerja pekerjaan sehingga mereka juga turut menjadi pemangku kepentingan)
  • Pemerintah (pihak yang berwenang dan kuasa dalam mengeluarkan perijina usaha dan keputusan yang diambil pemerintah baik pusat atau daerah memengaruhi kebijakan, keputusan, dan proyek yang akan dilaksanakan suatu perusahaan)
  • Distributor (penyalur produk kita ke konsumen)
  • Bank/kreditor (individu atau kembaga keuangan yang memberikan pinjaman kepada pengusaha)
  • Komunitas (sumber feedback terbaik untuk bisnis, sumber informasi dan dapat menjadi sumber riset)
  • Pers  (sebagai sarana informasi produk atau sarana untuk memasarkan produk)

4.      Makna manajemen menurut beberapa ahli :

a.       Mary Parker F

Pengertian manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Di sini berarti bahwa seseorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan oranglain untuk mencapai tujuan organisasi.

b.      Oey Liang Lee

Menurut Oey Liang Lee, pengertian manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

c.       Stoner

Menurut Stoner manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

5.      Keputusan keputusan penting yg dilakukan oleh perusahaan  ada 4 fungsi yaitu:

  • Manajemen SDM. Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses yang mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar dapat membantu terwujudnya tujuan perusahaan atau organisasi.
  • Manajemen Pemasaran. Manajemen pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian program yang dirancang untuk membuat dan memenuhi permintaan akan penawaran produk atau layanan perusahaan sebagai cara untuk menghasilkan keuntungan.
  • Manajemen Operasi/Produksi. Manajemen operasi/produksi adalah usaha pengelolaan secara maksimal semua faktor produksi dalam proses tranformasi untuk menjadi berbagai macam produk barang dan jasa.
  • Manajemen Keuangan. Manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan aset yang dimiliki perusahaan.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter