-->

IMAN KEPADA HARI AKHIR

Assalamualaikum wr.wb

Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang iman kepada hari akhir. Pada pembahasan kali ini mencakup tentang pengertian iman kepada hari akhir, nama-nama kiamat, macam-macam kiamat, dalil naqli tentang hari akhir, peristiwa hari kiamat, kehidupan di akhirat dan hikmah beriman kepada hari akhir. 

Ini dia pembahasan nya!...






A.Pengertian iman kepada hari akhir

Iman kepada hari akhir adalah percaya dengan adanya hari akhir atau percaya dengan adanya hari kiamat. Hari kiamat adalah hari dimana seluruh  alam semesta beserta isinya  termasuk manusia akan  hancur  [berakhirnya kehidupan di dunia] dan kemudian manusia akan di bangkitkan kembali untuk dimintai pertanggung jawaban oleh Allah swt selama hidup di dunia.

Kiamat ada  dua macam yaitu:

1. Kiamat sugra (kiamat kecil)
Kiamat sugra atau kiamat kecil merupakan peristiwa yang terjadi pada alam termasuk manusia, seperti meninggalnya seseorang, atau musibah yang sering terjadi disekitar kita misalnya gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan musibah-musibah lainnya yang menyebabkan kehilangan nyawa seseorang atau beberapa orang.

2. Kiamat kubra (kiamat besar)
Kiamat kubra adalah peristiwa yang sangat dahsyat karena hancurnya alam semesta dengan semua isinya termasuk bumi, matahari, dan planet-planet lainnya. Kiamat ini ditandai dengan adanya tiupan terompet sangkakala oleh malaikat isrofil. Tidak ada yang tahu kapan terjadinya kiamat besar ini kecuali Allah swt bahkan nabi dan rosul pun tidak mengetahuinya.

Nama-nama hari kiamat :

a. Yaumul kiyamah / yaumul ba’as adalah hari kebangkitan seluruh manusia yang telah mati. Sebagaimana telah di sebutkan dalam surat Al-rum ayat 56 yang artinya ‘’maka inilah hari berbangkit itu,tetapi [dahulu] kamu tidak menyakini [nya]

b. Yaumul akhir adalah hari akhir kehidupan semua manusia yang hidup di dunia yang terdapat dalam Q.S. Al - Baqarah ayat 8; yang artinya: ‘’dan diantara manusia ada yang berkata,” kami beriman kepada Allah swt dan hari akhir “padahal sesungguhnya mereka itu bukannya orang-orang yang beriman .”

c. Yaumul fasli adalah hari keputusan bagi manusia, firman Allah dalam surat ad-dhuha ayat 40 yang artinya “sesungguhnya hari keputusan (hari kiamat) adalah waktu yang di janjikan bagi mereka semua”.

d. Yaumul hisab yaitu perhitungan seluruh amal perbuatan manusia selama hidup di dunia , firman ALLah dalam Q.S Sad : 16 yang artinya “dan mereka berkata, “ya tuhan kami, segerakanlah azab yang di peruntuhkan bagi kami sebelum hari perhitungan “.

e. Yaumul jam’I  adalah hari berkumpulnya seluruh manusia dia padang mahsyar , firman Allah dalam Q.S asy-syura’ yang artinya “ dan demikianlah kami wahyukan Al-qur’an kepada mu dalam bahasa arab , agar engkau member peringatan kepada penduduk ibu kota mekkah dan penduduk (negri-negri) di sekeliling nya, serta member peringatan tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak diragukan adanya.”

f. Yaumuttaghabun adalah hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan atau hari terbukanya Aib dihadapan Allah swt. Dalam Q.S At-taghabun:9. Yang artinya: ”(Ingatlah) pada hari(ketika)Allah mengumpulkan kami pada Hari berhimpun, itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalan…”

g. Yaumul Waqi’ah adalah hari peristiwa maha dahsyat.


B. Dalil naqli tentang hari akhir

1. Firman Allah dalam Q.s Al-Insan ayat 20


وَإِذَا رَأَيْتَ ثَمَّ رَأَيْتَ نَعِيمًا وَمُلْكًا كَبِيرًا

Artinya: ”Dan apbila engkau melihat (keadaan) disana niscaya engkau akan melihat beragai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar"

2. Firman Allah dalam Q.s al-Hijr ayat 92-93

فَوَرَبِّكَ لَنَسْأَلَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

Artinya: ”Maka demi tuhanku,kami pasti akan menanyai mereka samua”

عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: ”Tentang apa yang telah mereka kerjakan dahulu”
  

C. Peristiwa hari kiamat

Hari kiamat diawali dengan tiupan sangsangkala [terompet] oleh malaikat srafil sebanyak dua kali tiupan pertama yaitu kehancuran alam semesta dan semua makhluk di bumi akan mati   dan tiupan yang kedua roh akan kembali kepadabadan masing-masing mempertanggung jawabkan segala perbuatan mereka. Pada hari ini mulut akan ditutup  tangan dan kaki yang member kesaksian terhadap apa yang di kerjakan selama di dunia.

tanda-tanda hari kiamat
●Munculnya ya’juj dan ma’jud yaitu bangsa yang gemar merusak bumi
● Manusia tidak mengenal atau menyebut nama Allah swt
● Sebagian besar manusia menyembah berhala
● Fitnah terjadi di mana-mana
●Perbuatan asusila terjadi terang terangan
● Banyak terjadi pembuhuhan
● Banyak terjadi peperangan antara kaum muslim dan kaum yahudi
●Waktu terasa dekat
● Matahari terbit dari arah sebelah barat


D. Kehidupan di akhirat

1. Alam Barzah
Yaitu batasan antara alam dunia dengan alam akhirat atau alam kubur.

2. Yaumul ba’as
Yaitu hari kebangkitan kembali semua makhluk hidup setelah mengalami kematian atau hari kiamat.Ketika manusia di bangkitkan dari kuburnya dalam keadaan yang beraneka ragam sesuai dengan perbuatannya di dunia.

3. Yaumul mahsyar
Yaitu suatu tempat yang sangat luas dimana tempat semua makhluk hidup dimintai pertanggung jawaban yang telah dilakukan selama di dunia suatu riwayat menyatakan bahwa pertanggung jawaban di hadapan Allah swt selama 40 tahun akhirat dan letak matahari sangat dekat dengan jaraknya dengan kepala manusia yang bias mengeluarkan mereka adalah amal ibadahnya selama hidup di dunia.

4. Yaumul hizab disurga
Yaitu hari perhitungan dan penimbangan amal manusia.yang dilakukan secara seadil-adilnya tanpa di kurangi dan di tabahkan.

5. Surga Dan Neraka
Yaitu tempat pembalasan bagi setiap orang. Bagi orang yang beramal sholeh ia akan mendapatkan tempat  di surga dan orang yang ingkar akan ingkar ia akan mendapatkan tempat di neraka.

6. Pembalasan amal baik dan buruk
- Balasan amal baik,adalah surga orang yang beriman dan beramal shaleh kepada Allah swt seumur hidupnya akan bahagia dunia dan akhirat.
-Balasan Amal Buruk, yaitu mereka akan memperoleh kerugian dan kesengsaraan berupa azab yang pedih dan siksa yang pedih dan siksa api neraka.


E. Hikmah beriman kepada hari akhir

-Meningkatkan kemanan dan ketakwaan
-Meningkatkan semangat belajar dan bekerja
-menterhadap hindarkan perbuatan yang tidak bermanfaat
-mempererat persaudaraa
-menghindarkan pembuatan dosa
-meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan

Nah itulah dia pembahasan materi tentang iman kepada hari akhir. Semoga bermanfaat!

Wassalamu'alaikum wr.wb

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter