-->

PERENCANAAN USAHA - PERENCANAAN ADMINISTRASI USAHA DAN PERENCANAAN PEMASARAN USAHA

 

Membahas tentang perencanaan usaha, mulai dari aspek-aspek penting dalam perencanaan usaha, ide dan peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan dalam usaha, perencanaan administrasi usaha dan perencanaan pemasaran usaha. 

Sebelum membahas hal tersebut, yuk kita pahami itu apa itu perencanaan usaha.

Perencanaan usaha adalah sebuah langkah atau tindakan yang harus dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai suatu bisnis/usaha. Dalam melakukan perencanaan usaha, para pelaku usaha membutuhkan komponen perencanaan yang tepat dan matang agar bisnis dapat berjalan dengan baik. 



ASPEK-ASPEK PENTING DALAM PERENCANAAN USAHA

  1. Ide dan peluang usaha
  2. Sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha
  3. Perencanaan administrasi usaha
  4. Perencanaan pemasaran usaha 

IDE DAN PELUANG USAHA

Ide dapat muncul dari :

  1. Faktor Internal : pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan pemikiran
  2. Faktor Eksternal : masalah, kesulitan, kebutuhan dan pemikiran baru 

Analisis SWOT :

  1. Analisis Internal : strenght (kekuatan) dan weakness (kelemahan)
  2. Analisis Eksternal : opportunity (peluang) dan threat (ancaman) 

Tujuan mengembangkan ide dan peluang :

  1. Agar diminati konsumen
  2. Agar dapat memenangkan persaingan
  3. Agar dapat mendayagunakan sumber produksi
  4. Mencegah kebosanan konsumen dalam pembelian dan penggunaan produk
  5. Pembuatan desain, model, corak dan warna yang disenangi konsumen

Langkah yang perlu diperhatikan dalam menganalisis peluang usaha :

  1. Penetapan kelayakan usaha : teknis, peluang pasar, segmen pasar, informasi pasar, uji coba menjual dan studi kelayakan pasar
  2. Analisis kelayakan finansial
  3. Membedakan persaingan : langsung dan tidak langsung

SUMBER DAYA YANG DIBUTUHKAN DALAM USAHA

  1. Man (manusia) : untuk mencapai tujuan
  2. Money (uang) : bahan baku, gaji dan alat
  3. Material (fisik) : bahan mentah yang baik dengan harga murah, pengangkutan dan pengolahan
  4. Machine (teknologi) : peningkatan produksi
  5. Method (metode) : efektif dan efisien
  6. Market (pasar) : kualitas dan harga 

PERENCANAAN ADMINISTRASI USAHA

  1. Perizinan usaha : diatur undang-undang
  2. Surat menyurat : hubungan dengan pihak lain
  3. Pencatatan transaksi barang/jasa
  4. Pencatatan transaksi keuangan
  5. Pajak 

PERENCANAAN PEMASARAN USAHA

  1. Seni menjual : tenaga profesional dan kualitas
  2. Harga jual : biaya bahan baku dan suplai, biaya overhead, biaya tenaga kerja

    Cara penentuan harga jual produk :

     a. Harga pasar

     b. Biaya

     c. Titik impas

  1. Kepuasan pelanggan : keluhan dan saran, survei berkala, ghost shopping
  2. Promosi : penjualan, iklan, promosi, publikasi, sponsorship dan komunikasi langsung


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter