-->

PENGERTIAN DAN CONTOH PERUSAHAAN MULTINASIONAL, GLOBAL, TRANSNASIONAL, DAN INTERNASIONAL

 

 

Membahas tentang lingkungan bisnis global, yang mencakup mengenai tingkatan perusahaan dilengkapi dengan ciri-ciri dan contohnya.



Beberapa klasifikasi perusahaan yang sudah go internasional adalah sebagai berikut:

a.    Perusahaan multinasional/multidomestic

Perusahaan Multinasional/Multidomestik (integrasi rendah dan respons tinggi), adalah perusahaan yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan lokal dengan cara menyesuaikan produknya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik lokal. Perusahaan ini memiliki beberapa unit bisnis yang berdiri di negara - negara yang berbeda.

Contoh:

·         KFC, cirinya

1.    Mempunyai cabang-cabang di banyak negara

2.    Terdapat perbedaan ketersediaan menu KFC antara negara yang satu dengan negara yang lain.

3.    Mempunyai kebijakan yang berbeda disetiap cabang

4.    Karyawan yang direkrut biasanya berasal dari warga negara setempat

 

·         Dunkin’ Donuts, cirinya:

1.    Mempunyai banyak cabang di berbagai negara

2.    Produknya disesuaikan sesuai dengan keadaan setiap negara

3.    Mempunyai kebijakan yang berbeda disetiap cabang

4.    Karyawan yang direkrut biasanya berasal dari warga negara setempat.

 

b.    Perusahaan global

Perusahaan global (integrasi tinggi dan respons rendah), adalah perusahaan yang menawarkan produk yang memiliki standar yang sama disetiap negara. Perusahaan ini merupakan unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi.

Contoh:

·         Honda, cirinya

1.    Mempunyai produk yang sama dan dapat diterima disetiap negara

2.    Produk-produknya menembus pasar dunia dan dinikmati atau bisa digunakan oleh berbagai macam negera

3.    Kebijakannya mengikuti keijakan yang dibuat oleh pusat

 

c.    Perusahaan transnasional

Perusahaan transnasional (integrasi tinggi dan respons tinggi), adalah perusahaan yang bertujuan untuk memaksimalkan kebijakan yang tersentralisasi tapi juga berusaha mengambil manfaat dari ciri-ciri lokal.

Contoh:

·         PT. The Coca-Cola Company, cirinya:

1.    Memiliki cakupan yang luas dan cabang di berbagai tempat

2.    Perusahaan yang produksi produknya di lebih dari satu negara

3.    Didirikan untuk membentuk anak perusahaan di negara lain yang dalam operasionalnya dikendalikan oleh perusahaan induknya

 

d.    Perusahaan internasional

Perusahaan Internasional (integrasi rendah dan respons rendah), adalah perusahaan yang memproduksi produk dalam negeri kemudian didistribusikan ke seluruh penjuru dunia. Strategi distribusi perusahaan internasional biasanya disebut juga sebagai strategi ekspor.

Contoh:

·         PT. Sidomuncul, cirinya:

1.    Sudah mengeksplor produknya ke berbagai negara

2.    Pabriknya yang masih berada di Indonesia

3.    Aktivitas distribusi dikelola langsung oleh kantor pusat

 

 

 

 

 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter