Membahas resume mengenai analisis manajemen strategi pada perusahaan Samsung Group, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, analisis faktor internal dan eksternal, hingga analisis strategi. Yuk, kita simak bersama!
Samsung
merupakan perusahaan pembuat perangkat elektronik terbesar di dunia, dan
berkantor di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan. Perusahaan ini adalah
perusahaan Korea Selatan yang terbesar dan merupakan ikon dari Samsung Group,
yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan.
Visi
Perusahaan
Inspire
the World, Create the Future
(Mengilhami Dunia,
Menciptakan Masa Depan)
Misi
Perusahaan
To
Inspire the world with innovative technologies, product and designs that enrich
People’s lives and contribute to a socially responsible, sustainable future
Analisis Faktor Internal dan Eksternal
1. IFE Matrix
Berdasarkan
tabel IFE Matrix Samsung, menghasilkan
nilai 2,84. Total score ini menujukan bahwa perusahaan berada diposisi cukup
baik rata-rata dalam melakukan strateginya dalam usaha memanfaatkan dan
mengoptimaklan kekuatan dan meminimalisir kelemahannya.
2. EFE
Matrix
Berdasarkan tabel EFE Matrix Unilever, total score yang didapat oleh perusahaan sebesar 3.26. Skor yang diperoleh perusahaan Samsung ini berada diatas rata-rata nilai standar yang menjadi patokan dari matrix EFE yaitu 2.50. Dengan score 3.26 ini menandakan bahwa perusahaan Samsung mampu memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada.
3. CPM
Berdasarkan
tabel diatas Samsung lebih unggul dalam consumer loyalty dan product variety.
Sedangkan score terendah samsung ada pada price competitiveness. Meskipun
samsung memiliki harga yang cukup mahal namun produk-produk yang dikeluarkan
oleh samsung bervariasi dan selalu berinovasi sehingga banyak menjadi pilihan
masyarakat. Apabila ditotal Samsung memiliki score yang lebih unggul dibanding
Apple dan Xiaomi yaitu sebesar 3,25.
Analisis
Strategi
1.
SWOT
Matrix
·
SO
Strategi
1.
Meningkatkan
promosi ponsel Samsung pada masyarakat agar memiliki perhatian yang tinggi dan
terkenal. (S1,O5)
2.
Meningkatkan kualitas
ponsel agar lebih baik dari ponsel pesaing karena masyarakat lebih mementingkan
merek dan kualitas pada ponsel. (S2,O7)
3.
Menjadikan harga ponsel
terjangkau untuk semua kalangan sehingga dapat meningkatkan PDB dan Pendapatan
Nasional Negara. (S4,03)
·
ST
Strategi
1.
Menambah produk dengan
desain yang inovatif dan memiliki kelebihan yang berbeda dari para pesaing.
(S3,T3)
2.
Menciptakan harga yang
terjangkau untuk semua kalangan daripada harga ponsel para pesaing. (S4,T2)
3.
Meningkatkan kualitas
ponsel sesuai dengan pengalaman pengguna dengan efektif dan inovatif. (S2,T5)
·
WO
Strategi
1.
Meningkatkan jaringan
penjualan dan pelayanan di seluruh dunia untuk mendorong inovasi teknologi.
(W5,O1)
2.
Meningkatkan persediaan
produk berupa penambahan suku cadang untuk memproduksi agar dapat meningkatkan
PDB dan Pendapatan Nasional per kapita. (W1,W4,O3)
3.
Melakukan penyebaran
produk secara merata di seluruh dunia untuk mendorong inovasi teknologi.
(W2,O1)
·
WT
Strategi
1.
Memperbarui software
ponsel dengan cepat dan sesuai dengan yang diminati masyarakat untuk menyaingi
pesaing yang semakin banyak. (W3,T3,T4)
2.
Meningkatkan persediaan
produk yang sedang diminati masyarakat dengan harga yang terjangkau daripada
ponsel merek lain. (W1,T2)
3.
Meningkatkan jaringan
penjualan dan pelayanan agar dapat menyaingi para pesaing dan calon pendatang
baru. (W5,T3,T4)
2.
BCG
Matrix
Berdasarkan BCG matrix, dapat disimpulkan bahwa
Samsung ini berada dalam kuadran 2
yaitu Stars. Produk dari Samsung yang termasuk dalam kategori Star ini adalah
Smartphone dan Tablet. Dalam perkembangannya Samsung terus-menerus mengupdate
teknologi terkemuka dan melakukan inovai-inovasi dari segi bentuk, fitur, dan
desain baru sehingga Samsung ini bisa mempertahankan pasar dan menghadapi
persaingan yang semakin ketat.
3.
GSM
Matrix
Perusahaan
samsung dalam Grand strategy Matriks berada pada kuadrant 1, karena sudah memenuhi
kriteria yang sudah ditetapkan dalam perhitungan Grand Strategy Matriks ini. Seperti
penjualan ponsel samsung yang tumbuh dengan cepat setiap tahunnya bahkan pada
tahun 2021 samsung merajai pengiriman ponsel pintar (Bisa dilihat pada grafik
dibawah) hal tersebut mengindikasikan samsung adalah salah satu perusahaan
dengan pangsa pasar yang luas dan kompetitif di bidangnya.
4.
SPACE
Matrix
Dari
SPACE Matrix, dapat diketahui bahwa Samsung berada pada Kuadran I, yaitu posisi
Agresif. Pada posisi ini, strategi yang tepat buat Samsung adalah:
diversifikasi produk yaitu memperbanyak jenis dan model produk juga
pengembangan pasar dengan mengembangkan produk baik dari software maupun
hardware, serta strategi penetrasi pasar dimana Samsung menerapkan
strategi-strategi yang diperlukan guna meningkatkan daya beli konsumen serta
mengupayakan strategi untuk menarik konsumen dari perusahaan pesaing.
5.
I-E
Matrix
Dari
hasil matriks IE,
dapat diketahui bahwa tingkat IFE dan EFE pada Perusahaan Samsung berada dalam
kuadran II. Itu artinya, Samsung memiliki kemempuan internal sedang dan
kemampuan eksternal kuat. Maka, strategi yang tepat untuk posisi ini adalah
strategi tumbuh dan membangun. Strategi utama yang dapat dilakukan adalah
strategi integrasi ke belakang, depan, atau horizontal, penetrasi pasar,
pengembangan pasar, dan pengembangan produk.
Post a Comment
Post a Comment