-->

ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI SAMSUNG GROUP

 

Membahas resume mengenai analisis manajemen strategi pada perusahaan Samsung Group, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, analisis faktor internal dan eksternal, hingga analisis strategi. Yuk, kita simak bersama!



Samsung merupakan perusahaan pembuat perangkat elektronik terbesar di dunia, dan berkantor di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan. Perusahaan ini adalah perusahaan Korea Selatan yang terbesar dan merupakan ikon dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan.

 

Visi Perusahaan

Inspire the World, Create the Future

(Mengilhami Dunia, Menciptakan Masa Depan)

 

Misi Perusahaan

To Inspire the world with innovative technologies, product and designs that enrich People’s lives and contribute to a socially responsible, sustainable future

 

Analisis Faktor Internal dan Eksternal

1.      IFE Matrix


Berdasarkan tabel IFE Matrix Samsung, menghasilkan nilai 2,84. Total score ini menujukan bahwa perusahaan berada diposisi cukup baik rata-rata dalam melakukan strateginya dalam usaha memanfaatkan dan mengoptimaklan kekuatan dan meminimalisir kelemahannya.

 

2.      EFE Matrix


Berdasarkan tabel EFE Matrix Unilever, total score yang didapat oleh perusahaan sebesar 3.26. Skor yang diperoleh perusahaan Samsung ini berada diatas rata-rata nilai standar yang menjadi patokan dari matrix EFE yaitu 2.50. Dengan score 3.26 ini menandakan bahwa perusahaan Samsung mampu memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada.


3.      CPM

Berdasarkan tabel diatas Samsung lebih unggul dalam consumer loyalty dan product variety. Sedangkan score terendah samsung ada pada price competitiveness. Meskipun samsung memiliki harga yang cukup mahal namun produk-produk yang dikeluarkan oleh samsung bervariasi dan selalu berinovasi sehingga banyak menjadi pilihan masyarakat. Apabila ditotal Samsung memiliki score yang lebih unggul dibanding Apple dan Xiaomi yaitu sebesar 3,25.

 

Analisis Strategi

1.      SWOT Matrix

·         SO Strategi

1.      Meningkatkan promosi ponsel Samsung pada masyarakat agar memiliki perhatian yang tinggi dan terkenal. (S1,O5)

2.      Meningkatkan kualitas ponsel agar lebih baik dari ponsel pesaing karena masyarakat lebih mementingkan merek dan kualitas pada ponsel. (S2,O7)

3.      Menjadikan harga ponsel terjangkau untuk semua kalangan sehingga dapat meningkatkan PDB dan Pendapatan Nasional Negara. (S4,03)

 

·         ST Strategi

1.      Menambah produk dengan desain yang inovatif dan memiliki kelebihan yang berbeda dari para pesaing. (S3,T3)

2.      Menciptakan harga yang terjangkau untuk semua kalangan daripada harga ponsel para pesaing. (S4,T2)

3.      Meningkatkan kualitas ponsel sesuai dengan pengalaman pengguna dengan efektif dan inovatif. (S2,T5)

 

·         WO Strategi

1.      Meningkatkan jaringan penjualan dan pelayanan di seluruh dunia untuk mendorong inovasi teknologi. (W5,O1)

2.      Meningkatkan persediaan produk berupa penambahan suku cadang untuk memproduksi agar dapat meningkatkan PDB dan Pendapatan Nasional per kapita. (W1,W4,O3)

3.      Melakukan penyebaran produk secara merata di seluruh dunia untuk mendorong inovasi teknologi. (W2,O1)

 

·         WT Strategi

1.      Memperbarui software ponsel dengan cepat dan sesuai dengan yang diminati masyarakat untuk menyaingi pesaing yang semakin banyak. (W3,T3,T4)

2.      Meningkatkan persediaan produk yang sedang diminati masyarakat dengan harga yang terjangkau daripada ponsel merek lain. (W1,T2)

3.      Meningkatkan jaringan penjualan dan pelayanan agar dapat menyaingi para pesaing dan calon pendatang baru. (W5,T3,T4)

 

2.      BCG Matrix



Berdasarkan BCG matrix, dapat disimpulkan bahwa Samsung ini berada dalam kuadran 2 yaitu Stars. Produk dari Samsung yang termasuk dalam kategori Star ini adalah Smartphone dan Tablet. Dalam perkembangannya Samsung terus-menerus mengupdate teknologi terkemuka dan melakukan inovai-inovasi dari segi bentuk, fitur, dan desain baru sehingga Samsung ini bisa mempertahankan pasar dan menghadapi persaingan yang semakin ketat.

 

3.      GSM Matrix



Perusahaan samsung dalam Grand strategy Matriks berada pada kuadrant 1, karena sudah memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan dalam perhitungan Grand Strategy Matriks ini. Seperti penjualan ponsel samsung yang tumbuh dengan cepat setiap tahunnya bahkan pada tahun 2021 samsung merajai pengiriman ponsel pintar (Bisa dilihat pada grafik dibawah) hal tersebut mengindikasikan samsung adalah salah satu perusahaan dengan pangsa pasar yang luas dan kompetitif di bidangnya.

 

4.      SPACE Matrix




Dari SPACE Matrix, dapat diketahui bahwa Samsung berada pada Kuadran I, yaitu posisi Agresif. Pada posisi ini, strategi yang tepat buat Samsung adalah: diversifikasi produk yaitu memperbanyak jenis dan model produk juga pengembangan pasar dengan mengembangkan produk baik dari software maupun hardware, serta strategi penetrasi pasar dimana Samsung menerapkan strategi-strategi yang diperlukan guna meningkatkan daya beli konsumen serta mengupayakan strategi untuk menarik konsumen dari perusahaan pesaing.

 

5.      I-E Matrix



Dari hasil matriks IE, dapat diketahui bahwa tingkat IFE dan EFE pada Perusahaan Samsung berada dalam kuadran II. Itu artinya, Samsung memiliki kemempuan internal sedang dan kemampuan eksternal kuat. Maka, strategi yang tepat untuk posisi ini adalah strategi tumbuh dan membangun. Strategi utama yang dapat dilakukan adalah strategi integrasi ke belakang, depan, atau horizontal, penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter