-->

ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI PT. ASTRA HONDA MOTOR

 

Membahas resume mengenai analisis manajemen strategi pada PT Astra Honda Motor, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, analisis faktor internal dan eksternal, hingga analisis strategi. Yuk, kita simak bersama!



Profil Perusahaan

PT Astra Honda Motor adalah perusahaan Perseroan Terbatas yang dimiliki oleh Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra Internasional Tbk, Indonesia. PT Astra Honda Motor didirikan pada tanggal 11 Juni 1971 dengan nama PT Federal Motor, menjadi PT Astra Honda Motor pada tanggal 31 Oktober 2000.

 

Visi Perusahaan

“AHM ingin menjadi pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dan menjadi pemain kelas dunia, dengan mewujudkan impian konsumen, menciptakan kegembiraan bagi konsumen dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia.”

 

Misi Perusahaan

“Menciptakan solusi mobilitas bagi masyarakat dengan produk dan pelayanan terbaik.”

 

Analisis Faktor Internal dan Eksternal

1.      IFE Matrix



Berdasarkan perhitungan dari IFE Matrix diatas dapat dilihat bahwa PT. Astra Honda Motor memiliki total skor peringkat sebesar 3,08 lebih besar dari skor peringkat rata rata IFE Matrix yang sebesar 2,5. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Astra Honda Motor merespon dengan baik terhadap kekuatan dan kelemahan yang ada di dalam perusahaan.

 

2.      EFE Matrix



Berdasarkan perhitungan dari EFE Matrix diatas dapat dilihat bahwa PT. Astra Honda Motor memiliki total skor peringkat sebesar 2,63 lebih besar dari skor peringkat rata rata EFE Matrix yang sebesar 2,5. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Astra Honda Motor merespon dengan baik terhadap peluang dan ancaman yang ada.

 

3.      CPM



Berdasarkan hasil dari matriks CPM, dapat diketahui bahwa Honda memiliki tingkat perhitungan yang paling besar, yakni sebesar 3,15. Sedangkan Yamaha dan Suzuki masing-masing sebesar 3,0 5 dan 2,80. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa Honda merupakan perusahaan yang paling baik dalam merespon peluang dan ancaman yang ada. Honda unggul dalam kualitas produk dan ekspansi global.

 

Analisis Strategi

1.      SWOT Matrix

·         SO Strategi

1.      Mengembangkan produk sepeda motor berteknologi dan berkualitas tinggi yang irit dan kencang (S2, S4, O1, O3, O4)

2.      Melakukan peningkatan produksi dalam jumlah yang banyak (S3, S6, S7, O2, O5, O6)

3.      Semakin meningkatkan citra baik perusahaan di berbagai kalangan (S1, S5, O7)

 

·         ST Strategi

1.      Mencipatakan inovasi - inovasi produk baru (differentiation) (S2, S4, S5, S6, T1, T4)

2.      Semakin menarik simpati masyarakat dengan menerapkan pengelolaan limbah yang ramah lingkungan (S1, T2)

3.      Menetapkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga dari pesaing (cost leadership) (S3, S7, T3, T5)

 

·         WO Strategi

1.      Meningkatkan ekspor ke negara - negara berkembang dengan gencar melakukan promosi dan pengembangan desain produk (W3, W4, W5, O2, O5,O7)

2.      Meningkatkan kepercayaan dari Honda Japan Corp. untuk kelancaran mendapat pasokan bahan bau (W6, O4,)

3.      Menetapkan harga eceran tertinggi (W1, W2, O1, O3, O6)

 

·         WT Strategi

1.        Selalu mengembangkan desain produk dari waktu ke waktu untuk mengurangi kesan kurang modis dan ketinggalan zaman (W5, W6, T1, T4

2.        Melakukan promosi yang lebih menarik untuk menarik pangsa pasar (W3, W4, T2)

3.        Memproduksi mesin di dalam negeri (W1, W2, T3, T5)

 

2.      BCG Matrix



Berdasarkan matriks BCG posisi PT. Astra Honda Motor berada pada posisi star yang menunjukkan bahwa posisi PT. Astra Honda Motor berada pada pertumbuhan tinggi dan pangsa pasar tinggi. Kategori ini memiliki peluang jangka panjang terbaik untuk pertumbuhan dan profitabilitas bagi organisasi. Kategori ini adalah pemimpin pasar namun bukan berarti akan memberikan arus kas positif bagi perusahaan.

 

3.      GSM Matrix



Berdasarkan matriks GSM, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan Honda berada diantara kuadran I dan kuadran IV, hal ini disebabkan karena pasar sepeda motor berkembang dengan sangat pesat, dengan keseluruhan fasilitas ini perusahaan Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Untuk itu pihak manajemen perlu fokus pada pasar yang ada saat ini dengan melaksanakan sesuai strategi seperti pengembangan pasar atau juga pengembangan produk.

 

4.      I-E Matrix



Berdasarkan IE Matriks, PT. Astra Honda Motor menempati posisi pada sel IV. Strategi yang dapat diambil dari posisi sel adalah Strategi Growth and Build berupa strategi intensif (market penetration, market development dan product development) dan strategi integrasi (backward integration, forward integration dan horizontal integration).

 

5.      SPACE Matrix




Berdasarkan kuadran SPACE Matrix diketahui bahwa strategi yang tepat untuk PT. Astra Honda Motor adalah strategi agresif. Adapun karakteristik dari strategi agresif adalah:

·         Memanfaatkan peluang

·         Mengatasi kelemahan

·         Menghindari ancaman

Strategi: intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk), integrasi (kedepan, kebelakang, horizontal), diversifikasi (konsentris, horizontal, konglomerasi) yang mana langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah melakukan strategi Vertical Integration (Backward, Forward, & Horixontal Integration), Market Penetration, Market Development, Product Development dan Diversification.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter