Membahas resume mengenai analisis manajemen strategi pada PT Astra Honda Motor, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, analisis faktor internal dan eksternal, hingga analisis strategi. Yuk, kita simak bersama!
Profil
Perusahaan
PT
Astra Honda Motor adalah perusahaan Perseroan Terbatas yang dimiliki oleh Honda
Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra Internasional Tbk, Indonesia. PT
Astra Honda Motor didirikan pada tanggal 11 Juni 1971 dengan nama PT Federal
Motor, menjadi PT Astra Honda Motor pada tanggal 31 Oktober 2000.
Visi
Perusahaan
“AHM
ingin menjadi pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dan menjadi pemain kelas
dunia, dengan mewujudkan impian konsumen, menciptakan kegembiraan bagi konsumen
dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia.”
Misi
Perusahaan
“Menciptakan
solusi mobilitas bagi masyarakat dengan produk dan pelayanan terbaik.”
Analisis Faktor Internal dan Eksternal
1. IFE
Matrix
Berdasarkan
perhitungan dari IFE Matrix diatas dapat dilihat bahwa PT. Astra Honda Motor
memiliki total skor peringkat sebesar 3,08 lebih besar dari skor peringkat rata
rata IFE Matrix yang sebesar 2,5. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Astra Honda
Motor merespon dengan baik terhadap kekuatan dan kelemahan yang ada di dalam
perusahaan.
2. EFE
Matrix
Berdasarkan
perhitungan dari EFE Matrix diatas dapat dilihat bahwa PT. Astra Honda Motor
memiliki total skor peringkat sebesar 2,63 lebih besar dari skor peringkat rata
rata EFE Matrix yang sebesar 2,5. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Astra Honda
Motor merespon dengan baik terhadap peluang dan ancaman yang ada.
3. CPM
Berdasarkan
hasil dari matriks CPM, dapat diketahui bahwa Honda memiliki tingkat
perhitungan yang paling besar, yakni sebesar 3,15. Sedangkan Yamaha dan Suzuki
masing-masing sebesar 3,0 5 dan 2,80. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan
bahwa Honda merupakan perusahaan yang paling baik dalam merespon peluang dan
ancaman yang ada. Honda unggul dalam kualitas produk dan ekspansi global.
Analisis Strategi
1. SWOT
Matrix
·
SO Strategi
1. Mengembangkan
produk sepeda motor berteknologi dan berkualitas tinggi yang irit dan kencang
(S2, S4, O1, O3, O4)
2. Melakukan
peningkatan produksi dalam jumlah yang banyak (S3, S6, S7, O2, O5, O6)
3. Semakin
meningkatkan citra baik perusahaan di berbagai kalangan (S1, S5, O7)
·
ST Strategi
1. Mencipatakan
inovasi - inovasi produk baru (differentiation) (S2, S4, S5, S6, T1, T4)
2. Semakin
menarik simpati masyarakat dengan menerapkan pengelolaan limbah yang ramah
lingkungan (S1, T2)
3. Menetapkan
harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga dari pesaing (cost
leadership) (S3, S7, T3, T5)
·
WO Strategi
1.
Meningkatkan ekspor ke
negara - negara berkembang dengan gencar melakukan promosi dan pengembangan
desain produk (W3, W4, W5, O2, O5,O7)
2. Meningkatkan
kepercayaan dari Honda Japan Corp. untuk kelancaran mendapat pasokan bahan bau
(W6, O4,)
3. Menetapkan
harga eceran tertinggi (W1, W2, O1, O3, O6)
·
WT Strategi
1.
Selalu mengembangkan
desain produk dari waktu ke waktu untuk mengurangi kesan kurang modis dan
ketinggalan zaman (W5, W6, T1, T4
2.
Melakukan promosi yang
lebih menarik untuk menarik pangsa pasar (W3, W4, T2)
3.
Memproduksi mesin di
dalam negeri (W1, W2, T3, T5)
2. BCG
Matrix
Berdasarkan
matriks BCG posisi PT. Astra Honda Motor berada pada posisi star yang
menunjukkan bahwa posisi PT. Astra Honda Motor berada pada pertumbuhan tinggi
dan pangsa pasar tinggi. Kategori ini memiliki peluang jangka panjang terbaik
untuk pertumbuhan dan profitabilitas bagi organisasi. Kategori ini adalah
pemimpin pasar namun bukan berarti akan memberikan arus kas positif bagi
perusahaan.
3. GSM
Matrix
Berdasarkan
matriks GSM, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan Honda berada diantara
kuadran I dan kuadran IV, hal ini disebabkan karena pasar sepeda motor
berkembang dengan sangat pesat, dengan keseluruhan fasilitas ini perusahaan
Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor
per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus
meningkat. Untuk itu pihak manajemen perlu fokus pada pasar yang ada saat ini
dengan melaksanakan sesuai strategi seperti pengembangan pasar atau juga pengembangan
produk.
4. I-E
Matrix
Berdasarkan
IE Matriks, PT. Astra Honda Motor menempati posisi pada sel IV. Strategi yang
dapat diambil dari posisi sel adalah Strategi Growth and Build berupa strategi
intensif (market penetration, market development dan product development) dan
strategi integrasi (backward integration, forward integration dan horizontal
integration).
5. SPACE
Matrix
Berdasarkan
kuadran SPACE Matrix diketahui bahwa strategi yang tepat untuk PT. Astra Honda
Motor adalah strategi agresif. Adapun karakteristik dari strategi agresif
adalah:
·
Memanfaatkan peluang
·
Mengatasi kelemahan
·
Menghindari ancaman
Strategi: intensif (penetrasi pasar, pengembangan
pasar, pengembangan produk), integrasi (kedepan, kebelakang, horizontal),
diversifikasi (konsentris, horizontal, konglomerasi) yang mana langkah-langkah
yang dapat dilakukan adalah melakukan strategi Vertical Integration (Backward,
Forward, & Horixontal Integration), Market Penetration, Market Development,
Product Development dan Diversification.
Post a Comment
Post a Comment