-->

RESUME PSAK 58 : ASET TIDAK LANCAR YANG DIKUASAI UNTUK DIJUAL DAN OPERASI YANG DIHENTIKAN

Berikut resume PSAK 58 terkait dengan aset tidak lancar yang dikuasai untuk dijual dan operasi yang dihentikan. Semoga bermanfaat!

A. Tujuan 

Tujuan dari pernyataan ini adalah mengatur akuntansi untuk aset yang dikuasai untuk dijual serta penyajian dan pengungkapan operrasi yang dihentikan. Secara khusus, pernyataan ini mensyaratkan: 

(a) Aset yang memenuhi kriteria sebagai dikuasai untuk dijual diukur pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat dan nilai wajar setelah ddikurangi biaya untuk menjual, dan depresiasi atas aset tersebut dihentikan; dan 

(b) Aset yang memenuhi kriteria sebagai dikuasi untuk dijual disajikan secara terpisah dalam laporan posisi dan hasil dari operasi yang dihentikan disajikan secara terpisah dalam laporan laba rugi dan penghasilan koprehensif lain. 

B. Ruang Lingkup 

Ruang lingkup yang diatur oleh PSAK 58 adalah sebagai berikut : 

1. Klasifikasi dan penyajian yang diatur dalam pernyataan ini berlaku untuk semua aset tidak lancar yang diakui dan kelompok lepasan dari entitas. Ketentuan pengukuran dalam pernyataan ini berlaku untuk semua aset tidak lancar dan kelompok lepasan yang diakui. 

2. Aset yang diklasifikasikan sebagai aset tidak lancar tidak boleh direklasifikasikan menjadi aset lancar sampai aset tersebut memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai aset yang dikuasai untuk dijual sesuai dengan pernyataan ini. Aset dari suatu kelompok yang biasanya oleh entitas diklasifikasikan sebagai aset tidak lancar yang diperoleh secara khusus dengan tujuan untuk dijual kembali tidak boelh diklasifikasikan sebagai aset lancar kecuali aset tersebut memenuhi sebagai aset yang dikuasai untuk dijual. 

3. Terkadang entitas melepaskan sekelompok aset, mungkin dengan beberapa liabilitas yang berkaitan secara langsung, bersama-sama dalam suatu transaksi tunggal. Kelompok lepasan tersebut dapat merupakan suatu kelompok unit penghasil kas, suatu unit penghasil kas tersendiri, atau bagian dari unit penghasil kas. Kelompok tersebut dapat mencakup beberapa aset dan liabilitas entitas, termasuk aset lancar, liabilitas jangka pendek, dan aset yang dikecualikan. Jika suatu aset tidak lancar yang termasuk dalam ruang lingkup ketentuan pernyataan ini adalah bagian dari kelompok lepasan, maka ketentuan pengukuran dalam pernyataan ini berlaku untuk kelompok tersebut secara keseluruhan, sehingga kelompok tersebut diukur berdasarkan nilai yang lebih rendah antara jumlah yang tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual. 

4. Ketentuan tentang pengukuran dalam pernyataan ini tidak berlaku untuk aset berikut, yang telah diatur berikut ini, baik aset tersendiri maupun bagian dari kelompok lepasan: 

(a) Aset pajak tangguhan (PSAK 46: Pajak Penghasilan) 

(b) Aset yang timbul dari imbalan kerja (PSAK 24: Imbalan Kerja) 

(c) Aset keuanagn dalam lingkup PSAK 71 : Instrumen keuangan 

(d) Aset tidak lancar yang dicatat sesuai dengan model nilai wajar (PSAK 13: Properti Investasi) 

(e) Aset tidak lancar yang diukur pada nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual (PSAK 69: Agrikultur) 

(f) Hak kontraktual dan kontrak asuransi (PSAK 62: Kontrak Asuransi) 

5. a. Persyaratan klasifikasi, penyajian dan pengukuran dalam pernyataan ini yang diterapkan untuk aset tidak yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual juga diterapkan terhadap aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik yang bertindak dalam kapasitas sebagai pemilik (dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik) 

b. Pernyataan ini menetapkan persyaratan pengungkapan aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau operasi yang dihentikan. Pengungkapan dalam SAK lain tidak diterapkan terhadap aset tersebbut kecuali SAK tersebut mensyratkan : 

(a) Pengungkapan spesifik terhadap aset tidak lancar yang diklasifiksikan sebagai dikuasai untuk dijual atau opersi yang dihentikan; atau 

(b) Pengungkapan mengenai pengukuran aset dan liabilitas dalam kelompok lepasan yangberada di luar ruang lingkup persyaratan pengukuran belum diungkapkan dalam catatan lain atas laporan keuangan. 

C. Definisi 

  • Aset Lancar merupakan suatu aset yang memenuhi kriteria sebagai berikut : 
(a) Diperkirakan dapat direalisasikan, atau dimaksudkan untuk dijual atau dipakai, dalam siklus operasi normal entitas; 

(b) Dikuasai terutama untuk tujuan diperdagangkan; 

(c) Diperkirakan dapat direalisasikan dalam dua belas setelah periode pelaporan; atau 

(d) Kas atau setara kas (sebagaimana didefinisikan dalam PSAK 2), kecuali terdapat pembatasan untuk ditukarkan atau digunakan untuk menyelesaikan libilitas setidaknya dalam dua belas bulan setelah tanggal periode pelaporan 

  • Aset Tidak Lancar merupakan aset yang tidak memenuhi definisi aset lancar.
  • Biaya Untuk menjual merupakan biaya tambahan yang secara langsung dapat diatribusikan pada pelepasan aset (atau kelompok lepasan), selain biaya pembiayaan dan beban pajak penghasilan. 
  • Jumlah Terpulihkan merupakan nilai tertinggi antara nialai wajar dikurangi biaya untuk menjual, dan niali pakai dari suatu aset. 
  • Kelompok Lepasan merupakan suatu kelompok aset yang dilepaskan, dengan dijual atau dengan craa lainnya, secara bersama-sama sebagai kelompok dalam suatu transaksi tunggal dan liabilitas yang berhubungan secara langsung dengan aset tersebut yang akan dialihksn dalam transaksi tersebut. Dalam kelompok ini juga termasuk goodwill yang diperoleh dalam kombinasi bisnis jika kelompok ini adalah unit penghasil kas dimana goodwill telah dialokasikan sesuai dengan PSAK 48: Penurunan nilai aset atau jika kelompok lepasan merupakan operasi dalam unit penghasil kas tersebut. 
  • Kemungkinan besar (Probable) yaitu Lebih mungkin terjadi daripada tidak. 
  • Komitmen pasti pembelian merupakan suatu perjanjian antar pihak yang tidak mempunyai hubungan istimewa, mengikat kedua belah pihak dan biasanya dapat dipaksakan secraa hukum, yang memuat semua persyaratan yang signifikan, termasuk harga dan waktu transaksi, dan termasuk disinsentif untuk wanprestasi yang besarnya memadai untuk para pihak untuk melakukan hal-hal yang diperjanjikan menjadi kemungkinan besar terjadi (high probably) 
  • Komponen suatu entitas merupakan operasi dan arus kas yang dapat dipisahkan secara jelas, untuk tujuan operasi dan pelaporan keuangan, dari bagian lain entitas. 
  • Nilai Pakai merupakan Nialai sekarang dari taksiran arus kas masa depan yang diharapkan akan timbul dari penggunaan aset dan penghentian penggunaannya pada akhir umur manfaatnya. 
  • Nilai Wajar merupkan harga yang akan diterima untuk menjual aset atau dibayarkan untuk mentransfer liabilitas dalam transaksi teratur antara pelaku pasar pada tanggal pengukuran 
  • Operasi yang dihentikan. Kmponen entitas yang telah dilepaskan atau diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual dan: 
(a) Mewakili lini usaha atau area geografis operasi utama yang terpisah, 

(b) Bagian dari rencana tunggal terkordinasi untuk melpaskan lini usaha atau aera geografis operasi utama yang terpisah; atau 

(c) Entitas anak yang diakuisisi secara khusus dengan tujuan dijual kembali. 

  • Unit Penghasil Kas merupakan kelompok terkecil aset teridentifikasi yang menghasilakan arus kas masuk yang sebagian besar independen dari arus kas masuk dari aset atau kelompok aset lain. 

D. KLASIFIKASI ASET TIDAK LANCAR (ATAU KELOMPOK LEPASAN) SEBAGAI DIKUASAI UNTUK DIJUAL ATAU DIKUASAI UNTUK DIDISTRIBUSIKAN KEPADA PEMILIK 

Entitas mengklasifikasikan suatu aset tidak lancar sebagai dikuasai untuk dijual jika jumlah tercatatnya akan dipulihkan terutama melalui transaksi penjualan daripada metalui pemakaian berlanjut. 

Dalam hal ini, aset harus berada dalam keadaan segera dapat dijual dengan syarat-syarat yang biasa dan umum diperlukan dalam penjualan aset tersebut dan penjualannya harus sangat mungkin terjadi (High Probably) 

Agar penjualan tersebut sangat mungkin terjadi, manajemen di tingkat yang sesuai harus berkomitmen terhadap rencana penjualan aset tersebut dan harus telah memulai suatu program aktif untuk mencari pembeli dan menyelesaikan rencana tersebut. Selain itu, aset tersebut harus dipasarkan secara aktif pada harga yang pantas sesuai dengan nilai wajar kininya. Sebagai tambahan, penjualan ini diperkirakan memenuhi ketentuan pengakuan sebagai penjualan dalam waktu satu tahun dari tanggal klasifikasi, serta tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan rencana tersebut mengindisikan bahwa tidak mungkin terjadi perubahan signifikan atau pembatalan atas rencana tersebut. Kemungkinan persetujuan pemegang saham dipertimbangkan sebagaai bagian dari penilaian apakah penjualan tersebut dikategorikan sebagai sangat mungkin terjadi. 

Entitas yang berkomitmen terhadap rencana penjualan yang mengakibatkan kehilangan pengendalian atas entitas anak mengklasifikasikan seluruh aset dan liabilitas entitas anak tersebut sebagai dikuasai untuk dijual ketika kriteria terpenuhi, terlepas dari apakah setelah penjualan tersebut entitas masih memiliki kepentingan nonpengendali dalam entitas anak terdahulu atau tidak. 

Peristiwa atau keadaan mungkin dapat memperpanjang periode penyelesaian penjualan menjadi lebih dari satu tahun. Perpanjangan periode yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu penjualan tidak menghalangi pengklasifikasian aset sebagai dikuasai untuk dijual jika penundaan tersebut disebabkan oleh peristiwa atau keadaan di luar kendali entitas dan terdapat cukup bukti bahwa entitas tetap berkomitmen dengan rencana penjualan aset. 

Transaksi penjualan mencakup pertukaran aset tidak lancar dengan aset tidak lancar lainnya ketika pertukaran tersebut memiliki substansi komersial. 

Ketika entitas memperoleh aset tidak lancar secara khusus dengan tujuan untuk kemudian dilepaskan, maka aset tidak lancar tersebut diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual pada tanggal perolehan. 

Jika kriteria terpenuhi setelah periode pelaporan, maka entitas tidak boleh mengkasifikasikan aset tidak lancar sebagai dikuasai untuk dijual dalam laporan keuangan ketika diterbitkan. Akan tetapi, jika kriteria tersebut terpenuhi setelah periode pelaporan tetapi sebelum tanggal penyelesaian laporan keuangan, maka entitas mengungkapkan informasi yang telah diatur dalam catatan atas laporan keuangan. 

Aset tidak lancar diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik ketika entitas berkomitmen untuk mendistribusikan aset kepada pemilik Untuk kasus tersebut, aset harus tersedia untuk segera didistribusikan dan pendistribusian harus sangat mungkin terjadi. Agar pendistribusian menjadi sangat mungkin terjadi, tindakan untuk menyelesaikan pendistribusian harus telah dimulai dan diperkirakan akan diselesaikan dalam satu tahun dari tanggal klafisikasi. Tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan pendistribusian mengindikasikan bahwa tidak mungkin terjadi perubahan signifikan atau pembatalan atas pendistribusian tersebut. Kemugkinan persetujuan pemegang saham dipertimbangkan sebagai bagian dari penilaian apakah pendistribusian tersebut dikategorikan sebagai yang sangat mungkin terjadi. 

Aset Tidak Lancar yang Akan Ditinggalkan 

Entitas tidak boleh mengklasifikasikan aset tidak lancar yang akan ditinggalkan sebagai dikuasai untuk dijual, karena jumlah tercatatnya terutama akan dipulihkan melalui pemakaian berlanjut. Akan tetapi, jika kelompok lepasan yang akan ditinggalkan tersebut memenuhi kriteria, maka entitas menyajikan hasil dan arus kas dari kelompok lepasan tersebut sebagai operasi yang dihentikan pada tanggal aset tersebut dihentikan pemakaiannya. Aset tidak lancar (kelompok lepasan) yang akan ditingglakan termasuk aset tidak lancar (atau kelompok lepasan) yang akan digunakan sampai dengan akhir umur ekonomisnya serta aset tidak lancar (atau kelompok lepasan) yang akan ditutup daripada dijual. 

Entitas tidak boleh mencatat aset tidak lancar yang tidak digunakan sementara seakan-akan seperti telah ditinggalkan. 

E. Pengukuran aset tidak Lancar (atau Kelompok Lepasan) Yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual 

  • Pengukuran Aset Tidak Lancar (atau Kelompok Lepasan) 
Entitas mengukur aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual. Entitas mengukur aset tidak lancar yang diklasifikasi sebagai dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk mendistribusikan. 

Jika aset tidak lancar yang baru didapat memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual maka penerapan paragraf pengakuan awal diukur pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat, seandainya aset tersebut tidak diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual (sebagai contoh, biaya perolehan) dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual. Oleh karena itu, jika aset tidak lancar diperoleh sebagai bagian dari kombinasi bisnis, maka aset tersebut diukur pada nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual. 

Ketika penjualan diperkirakan akan terjadi lebih dari satu tahun, maka entitas mengukur biaya untuk menjual pada nilai saat ini Peningkatan nilai saat ini biaya untuk menjual sehubungan dengan berlalunya waktu harus disajikan sebagai biaya keuangan dalam laba rugi. 

Sesaat sebelum klasifikasi awal aset tidak lancar sebagai dikuasai untuk dijual, jumlah tercatat aset diukur sesuai dengan SAK terkait. 

Dalam pengukuran kembali selanjutnya atas kelompok lepasan, jumlah tercatat aset dan liabilitas yang tidak termasuk dalam lingkup pengaturan pengukuran Pernyataan ini, tetapi termasuk dalam kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual, diukur kembali sesuai dengan SAK terkait, sebelum nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual atas kelompok lepasan tersebut diukur kembali. 

  • Pengakuan Rugi dan Pembalikan Penurunan Nilai 
Entitas mengakui rugi penurunan nialai awal atau selanjutnya atas penurunan nilai aset ke nialai wajar dikurangi biaya untuk menjual, sepanjang rugi penurunan nilai tersebut belum diakui. 

Entitas mengakui keuntungan atas peningkatan nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual suatu aset, tetapi tidak boleh melebihi akumulasi rugi penurunan nilai yang telah diakui baik sesuai dengan pernyataan ini atau diakui sebelumnya sesuai dengan PSAK 48: Penurunan Nilai Aset. 

Entitas mengakui keuntungan atas peningkatan nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual dari kelompok lepasan yang terjadi selanjutnya: 

(a) Sepanjang hal tersebut belum diakui 

(b) Tetapi tidak boleh melebihi akumulasi rugi penurunan nilai yang telah diakui, baik sesuai dengan pernyataan ini atau diakui sebelumnya sesuai dengan PSAK 48: Penurunan Nilai Aset, atas aset tidak lancar yang termasuk dalam ruang lingkup pengukuran pernyataan ini. 

Rugi penurunan nilai (atau keuntungan yang terjadi selanjutnya) diakui untuk kelompok lepasan mengurangi (atau menambah) jumlah tercatat aset tidak lancar dalam kelompok lepasan yang termasuk dalam ruang lingkup pengukuran pernyataan ini. 

Keuntungan atau kerugian yang sebelumnya tidak diakui pada tanggal penjualan aset tidak lancar diakui pada tanggal penghentian pengakuan. 

Entitas tidak boleh menyusutkan (atau mengamortisasi) aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau selama menjadi bagian dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual. Bunga dan beban lainnya yang dapat diatribusikan pada liabilitas dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual tetap diakui. 

  • Perubahan Rencana Penjualan atau Rencana Distribusi kepada Pemilik 

Jika entitas telah mengklasifikasikan suatu aset sebagai đikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, tetapi dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik tidak lagi terpenuhi, maka entitas menghentikan pengklasifikasian aset (atau kelompok aset lepasan) tersebut sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik (secara berurutan). 

Jika entitas mereklasifikasi aset secara langsung dari dikuasai untuk dijual menjadi dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, atan secara langsung dari dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik menjadi dikuasai untuk dijual, maka perubahan pada klasifikasi ini dianggap sebagai kelanjutan dari rencana awal pelepasan. 

Entitas mengukur aset tidak lancar yang dihentikan pengklasifikasiannya sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik (atau dihentikan pengklasifikasiannya dalam kelompok lepasan yang dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik) sebesar jumlah yang lebih rendah antara: 

(a) jumlah tercatat aset tersebut sebelum aset diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, disesuaikan dengan penyusutan, amortisasi, atau penilaian kembali yang telah diakui jika aset tersebut tidak diklasifikasi sebagai dikuasal untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, dan 

(b) jumlah terpulihkan pada tanggal keputusan untuk tidak menjual atau mendistribusikan. 

Entitas memasukkan penyesuaian yang disyaratkan atas jumlah tercatat aset tidak lancar yang dihentikan untuk diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik dalam laba rugi dari operasi yang dilanjutkan pada periode di mana masing-masing kriteria tidak lagi terpenuhi. Laporan keuangan untuk untuk periode sejak klasifikasi sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik harus disesuaikan jika kelompok lepasan atau aset tidak lancar tidak lagi diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik merupakan entitas anak, operasi bersama, ventura bersama atau entitas asosiasi. Entitas menyajikan penyesuaian tersebut pada pos yang sama dalam laporan penghasilan komprehensif yang digunakan untuk menyajikan laba rugi jika ada yang diakui. 

Jika entitas memindahkan suatu aset atau liabilitas secara individual dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual, maka sisa aset dan liahilitas dari kelompok lepasan tersebut diteruskan untuk diukur sebagai suatu kelompok lepasan hanya jika kelompok tersebut memenuhi kriteria. Jika entiitas memindahkan suatu aset atau liabilitas secara individual dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, maka sisa aset dan liabilitas dari kelompok lepasan tersebut terus diukur sebagai satu kelompok hanya jika kelompok tersebut memenuhi kriteria. Jika tidak memenuhi kriteria, maka sisa aset tidak lancar dari kelompok lepasan yang secara individual memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasi untuk dijual ( dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik) diukur secara individual pada jumlah yang lebih rendah anatara jumlah tercatata dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual pada tanggal tersebut. 

F. Penyajian dan Pengungkapan 

Entitas menyajikan dan mengungkapkan informasi yang membuat pengguna laporan keuangan mampu untuk mengevaluasi dampak keuangan dari operasi yang dihentikan dan pelepasan aset tidak lancar. 

o Penyajian Operasi yang Dihentikan 

Komponen suatu entitas terdiri dari operasi dan arus kas yang dapat dibedakan secara jelas, untuk tujuan operasional dan pelaporan keuangan, dari komponen lain dalam entitas. Dengan kata lain, komponen entitas akan terdiri dari unit penghasil kas atau kelompok unit penghasil kas yang dikuasai untuk digunakan. 

Operasi yang dihentikan adalah komponen entitas yang telah dilepaskan atau diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual, dan 

(a) mewakili lini usaha atau area geografis operasi utama yang terpisah, 

(b) bagian dari rencana tunggal terkoordinasi untuk melepaskan lini usaha atau area geografis operasi utama yang terpisah, atau 

(c) entitas anak yang diakuisisi secara khusus dengan tujuan dijual kembali. Entitas mengungkapkan: 

(a) Suatu jumlah tunggal dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain yang terdiri dari jumlah: 

(i) laba atau rugi setelah pajak dari operasi yang dihentikan, dan 

(ii) laba atau rugi setelah pajak yang diakui dalam mengukur nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual atau pelepasan aset yang terkait dengan operasi yang dihentikan. 

(b) Analisis atas jumlah tunggal dalam huruf (a) terhadap: 

(i) pendapatan, beban, dan laba atau rugi sebelum pajak dari operasi yang dihentikan, 

(ii) Beban pajak penghasilan yang terkait; 

(iii) laba atau rugi yang diakui dalam pengukuran ke nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual atau pelepasan aset yang terkait dengan operasi yang dihentikan; 

(iv) dan beban pajak penghasilan yang terkait. 

Analisis tersebut dapat disajikan dalam catatan atas laporan keuangan atau laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain. Analisis tersebut dapat disajikan dalam catatan atas laporan keuangan atau dalm laporan laba rugi dan penghasilan koprehensif lain. Jika analisis tersebut disajikan dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain, maka disajikan dalam bagian yang diidentifikasi sebagai terkait dengan operasi yang dihentikan, yaitu disajikan secara terpisah dari operasi yang dilanjutkan. Analisis ini tidak disyaratkan untuk kelompok lepasan yang merupakan entitas anak yang baru diperoleh yang memenuhi kriteria sebagai dikuasai untuk dijual dalam akuisisi. 

(c) Arus kas neto yang dapat diatribusikan pada aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan dari operasi yang dihentikan. Pengungkapan ini dapat disajikan dalam catatan atas laporan keuangan atau dalam laporan keuangan. 

(d) Jumlah penghasilan dari operasi yang dilanjutkan dan operasi yang dihentikan yang dapat diatribusikan pada pemilik entitas induk. Pengungkapan ini dapat disajikan dalam catatan atas laporan keuangan atau laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain. 

Entitas menyajikan kembali pengungkapan yang diatur untuk periode sebelumnya yang disajikan dalam laporan keuangan sehingga pengungkapan tersebut terkait dengan seluruh operasi yang telah dihentikan pada akhir periode pelaporan untuk periode sajian paling akhir. 

Penyesuaian dalam periode berjalan atas jumlah yang sebelumnya disajikan dalam operasi yang dihentikan, yang secara langsung terkait dengan pelepasan operasi yang telah dihentikan pada periode sebelumnya, diklasifikasikan secara terpisah dalam operasi yang dihentikan. Sifat dan jumlah penyesuaian tersebut diungkapkan.

Jika entitas berhenti untuk mengklasifikasikan suatu komponen dari entitas sebagai dikuasai untuk dijual, maka hasil operasi komponen tersebut yang sebelumnya disajikan dalam operasi yang dihentikan, diklasifikasikan kembali dan termasuk dalam penghasilan dari operasi yang dilanjutkan untuk semua periode sajian. Jumlah untuk periode sebelumnya dijelaskan bahwa telah dilakukan penyajian kembali. 

o Laba atau Rugi yang Terkait dengan operasi yang Dilanjutkan 

Setiap keuntungan atau kerugian dalam pengukuran kembali aset tidak yang diklasifikasikan sebagai dikuasal untuk dijual, yang tidak memenuhi definisi operasi yang dihentikan, dimasukkan dalam laba rugi dari operasi yang dilanjutkan. 

Penyajian Aset Tidak Lancar atau kelompok Lepasan yang Diklasifikasikan sebagai Dikuasai untuk Dijual 

Entitas menyajikan aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual dan kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual disajikan secara terpisah dari aset lainnya dalam laporan posisi keuangan. Liabilitas dalam kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual disajikan secara terpisah dari liabilitas lainnya dalam laporan posisi keuangan. Aset dan liabilitas ini tidak boleh saling hapus dan disajikan sebagai suatu jumlah tunggal. Kelompok aset dan liabilitas utama yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual diungkapkan secara terpisah dalam laporan posisi keuangan atau catatan atas laporan keuangan. Setiap penghasilan atau beban kumulatif yang diakui secara langsung dalam penghasilan komprehensif lain dan terkait dengan aset tidak lancar dan diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual, disajikan secara terpisah. 

Jika kelompok lepasan adalah entitas anak yang baru diakuisisi yang memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual pada saat akuisisi, maka pengungkapan untuk kelompok aset dan liabilitas utama tidak diperlukan. 

Entitas tidak boleh mereklasifikasi atau menyajikan kembali jumlah sajian, untuk aset tidak lancar atau aset dan liabilitas dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual dalam laporan posisi keuangan untuk periode sebelumnya, untuk mencerminkan pengklasifikasian dalam laporan posisi keuangan periode terkini. 

Pengungkapan Tambahan 

Untuk periode di mana aset tidak lancar telah diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau telah dijual, entitas mengungkapkan informasi berikut ini dalam catatan atas laporan keuangan: 

(a) uraian dari aset tidak lancar 

(b) uraian fakta dan keadaan dari penjualan, atau yang mengarah kepada pelepasan yang diharapkan, dan cara serta waktu pelepasan yang diharapkan 

(c) keuntungan atau kerugian yang diakui dan, jika tidak disajikan secara terpisah dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain yang di dalamnya terdapat laba atau rugi tersebut 

(d) Jika dapat diterpkan, bagian yang dilaporkan dari aset tidak lancar disajikan sesuai dengan PSAK 5 : Segmen Operasi 

Ketentuan Transisi 

Pernyataan ini diterapkan secara prospektif setelah tanggal efektif Pernyataan ini, terhadap aset tidak lancar yang memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual dan operasi yang memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai operasi yang dihentikan. Entitas dapat menerapkan persyaratan Pernyataan ini terhadap seluruh aset tidak lancar yang memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasal untuk dijual dan operasi yang memenuhi kriteria klasifikasi operasi yang dihentikan pada tanggal kapanpun sebelum tanggal efektif Pernyataan ini, dengan syarat tersedianya penilaian dan informasi lain yang dibutuhkan untuk menerapkan Pernyataan ini pada saat kriteria tersebut terpenuhi.




Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter