-->

MAKALAH PAMERAN - BAB 4 (PENUTUP)

Hai teman-teman!

Apa kabar nih? Kali ini saya akan membagikan meteri selanjutnya, yaitu penutupan makalah pameran. Penutupan dalam makalah pameran mencakup tentang kesimpulan dan saran.


Nah, yuk kita simak contohnya seperti dibawah ini.







BAB IV
PENUTUP



4.1 Kesimpulan

Berdasarkan hasil pembahasan makalah di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Pembelajaran dengan menggunakan media pameran efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.
  2. Cara meningkatkan motivasi, prestasi belajar dengan menggunakan media pameran adalah : Media pameran dibuat yang menarik dan Guru harus trampil memilih tema, menyusun hasil karya peserta didik. 
  3. Peserta didik harus menyukai dan mau melaksanakanya.Dalam menyelenggarakan pameran hendaknya harus menyusun perencanaan serta persiapan yang matang dan disusun secara sisematis agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar.
  4. Cara mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media pameran adalah Karena jumlah peserta didik cukup banyak yang ingin mengikuti maka guru mengadakan seleksi karya seni sesuai dengan jenisnya. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ternyata pembelajaran menggunakan media pameran dapat meningkatkan motivasi, pretasi pembelajaran. Dengan demikian penerapan  pembelajaran media pameran dapat dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran khususnya seni rupa sehingga dapat meningkatkan motivasi, prestasi belajar peserta didik.


4.2 Saran

Dalam akhir pembahasan ini akan disampaikan saran – saran yang mungkin membawa manfaat yang besar dalam usaha kita meningkatkan mutu pendidikan. Pelaksanaan pameran yang harus dilakukan setiap tahunnya, agar siswa belajar untuk mengapresiasi karya seni dan bersosialisasi.




Nah itulah dia contoh penutup dalam makalah pameran. Semoga bermanfaat ya. Ini adalah materi yang saya gunakan dalam makalah yang saya buat saat kelas 11. 

Terimakasih dan tetap semangat!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter