-->

TIPS DAN TRIK MEMBAGI WAKTU ANTARA BELAJAR DAN MAIN

Halo semuanya

Bagi kalian para pelajar pasti kerap kali kesulitan dalam memanajemen waktu sehari-harinya. Apalagi sebagai remaja, pasti kita memerlukan waktu bermain dengan teman-teman kita walaupun sekedar kumpul-kumpul. Tapi, rutinitas kita sebagai pelajar, hampir memakan waktu seharian penuh berada disekolah karena adanya fullday school. Kita diwajibkan berda disekolah hingga petang, belum lagi jika ada kegiatan ekstrakulikular, rasanya rumah hanya kita jadikan sebagai tempat untuk numpang tidur. 

Ditambah lagi sudah belajar seharian penuh disekolah, guru malah memberikan tugas tambahan untuk dikerjakan dirumah. Kalian pasti mengeluh, karena dengan adanya tugas tambahan, weekend yang harusnya di rumah atau digunakan untuk bermain dengan teman malah tersita karena adanya tugas. Hmm, sangat membosankan bukan? 






Nah jangan risau jangan khawatir, saya akan membagikan beberapa tips yang mungkin dapat kalian coba dalam membagi waktu antara bermain dan belajar. Yuk, kita simak...

1. Membuat Janji Bermain terlebih dahulu
Nah yang pertama, ketika kalian ingin pergi bermain atau ngumpul bersama sahabat kalian, usahakan buat janji terlebih dahulu. Hari apa, jam berapa dan dimana. Jika janji temu hari kamis pulang sekolah, maka usahakan kalian mengerjakan tugas-tugas untuk hari Jumat (hari besoknya) lebih awal. Dengan begitu kita dapat bermain tanpa memikirkan tugas sekolah untuk besok.


2. Bermain Sambil Belajar
Dengan cara ini kalian tidak akan kehilangan momen bersama teman, tapi hanya bisa untuk menyicil tugas kalian. Karena kebanyakan orang akan menghabiskan waktunya 20% untuk belajar dan sisanya dihabiskan untuk ngobrol. Tapi cara ini juga bagus loh! karena jika ada tugas yang tidak kalian mengerti kalian bisa tanyakan kepada teman teman kalian.


3. Barter Tugas Dengan Teman 
Maksudnya disini adalah kita bagi diantara teman teman kita itu lebih jago di pelajaran apa. Misal si A jago di pelajaran bahasa inggris dan si B di pelajaran Fisika. Nah jadi, jika ada tugas Fisika maka yang akan mengerjakan adalah si B dan begitupun sebaliknya. Tapi dengan CATATAN jangan cuma asal menyalin jawabannya saja ya tapi dimengerti juga. Dengan begitu dapat meringankan beban tugas kan?


4. Memahami atau Mempelajari Materi Lebih Awal
Cara yang ke 4 adalah kita harus mempelajari lebih dulu materi yang akan diajarkan oleh guru. Supaya kita akan lebih bebas punya waktu main karena sudah paham materinya. Tapi cara ini tidak saya terapkan karena otak saya susah mengingat dan gampang lupa jika belajar lebih awal. Jadi saya lebih memilih SKS, walau waktunya singkat yang penting ingat. Itulah prinsip saya wkwk.


Itulah beberapa tips berdasarkan pengalaman yang saya lakukan agar bisa membagi waktu antara belajar dan bermain. 


Sekian dan terimakasih 
Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter