-->

ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI APPLE INC


Membahas resume mengenai analisis manajemen strategi pada perusahaan Apple Icn, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, analisis faktor internal dan eksternal, hingga analisis strategi. Yuk, kita simak bersama!


Profil Perusahaan

Apple Inc merupakan perusahaan teknologi yang sudah mempunyai nama besar di pasar industri di dunia. Apple Inc ini adalah perusahaan yang berbentuk multinasional berbasis di Cupertino, California, Silicon Valley yang bergerak dalam bidang merancang, mengembangkan, serta menjual barang elektronik, perangkat lunak komputer, dan juga layanan daring. Tepatnya pada 1 April 1976 Apple didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Dilansir dari Britannica, Apple Inc. yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc., merupakan produsen komputer pribadi, peripheral komputer, dan perangkat lunak komputer di Amerika.


Visi Perusahaan

“Apple di setiap meja.

 

Misi Perusahaan

“Apple berkomitmen untuk membawa pengalaman komputasi personal terbaik kepada siswa, pendidik, professional kreatif dan konsumen diseluruh dunia melalui inovasi software, hardware, dan persembahan internet.”

 

Analisis Faktor Internal dan Eksternal

1.    IFE Matrix



Berdasarkan perhitungan dari IFE Matrix di atas, didapat bahwa total internal faktor Apple Inc adalah 2,80 yang artinya Apple berada di level diatas rata -rata (posisi pengendalian internalnya kuat), mampu untuk menangani faktor internal mereka serta mampu memanfaatkan dan menangani kelemahan merek.

  

2.    EFE Matrix



Berdasarkan perhitungan dari EFE Matrix di atas menunjukkan bahwa total nilai bobotnya yaitu sebesar 3,1 melihat bahwa total nilai bobot rata-rata sebesar 2,5 maka dapat dikatakan bahwa Apple.Inc menanggapi pemanfaatan peluang dan menghindari ancaman perusahaan dengan baik dan menunjukkan posisi eksternal yang kuat.

 

3.    CPM




Berdasarkan hasil dari matriks CPM, dilakukan perbandingan posisi strategis antara brand Apple dengan pesaing utamanya yaitu Samsung dan Xiaomi. Dapat dilihat bahwa total bobot pada brand Apple menunjukkan angka yang paling tinggi yaitu 3,37, disusul oleh brand Samsung yaitu sebesar 3,24 dan posisi terakhir adalah brand Xiaomi sebesar 2,91. Artinya bahwa kompetensi antara ketiga brand tersebut Apple dikatakan sebagai brand yang paling unggul.

 

Analisis Strategi

1.    SWOT Matrix



·         SO Strategi

1.    Memperketat keamanan produk (S3, O4, O6)

2.    Meningkatkan fokus konsumen (S6, S7, O1, O2, O7)

3.    Memperkuat strategi branding (S5, O1, O2, O6, O8)

4.    Inovasi produk terdepan (S1, S2, S3, O2, O6, O8)

 

·         ST Strategi

1.    Mempekerjakan manajemen yang ahli dan berpengalaman (S4, T1, T2, T8, T9, T11)

2.    Memperhatikan celah keamanan software produk (S3, T6)

3.    HaKI dan penuntutan (S1, S2, S3, S8, T3, T4, T5)

 

·         WO Strategi

1.    Menggunakan baterai yang dapat bertahan lebih lama (W3, O4, O6)

2.    Meningkatkan pemasaran hard drive eksternal Apple (W5, O6)

3.    Inovasi system operasi perangkat (W2, O6)

4.    Promo bonus paket internet saat pembelian produk (W1, O1, O3, O4, O5)

 

·         WT Strategi

1.     Meningkatkan kapasitas baterai yang lebih tinggi (W3, T2, T8)

2.     Memberi variasi tema operasi system (W2, T8)

  

2.    BCG Matrix


Berdasarkan matriks BCG Apple Inc didapat bahwa:

·         Sapi perah adalah Macintosh, Iphone, Iwatch dan iTunes

·         Bintang-bintangnya adalah Ipad dan Ibook

·         Tanda tanyanya adalah Apple TV

·          Anjingnya adalah Ipod

 

3.    GSM Matrix



Berdasarkan perhitungan matrik GSM Apple Inc terletak di kuadran pertama. Karena adanya penerimaan yang tinggi di antara pesaing, posisi kompetitif yang kuat, berkembang dengan pertumbuhan pasar yang cepat, strategi diversifikasi terkait, posisi strategis yang sangat baik, konsentrasi pada produk saat ini Apple Inc mengadopsi strategi pengembangan produk dan reputasi tinggi di antara pelanggan karena citra perusahaan yang berkualitas tinggi.

 

4.    I-E Matrix



Berdasarkan IE Matriks, perusahaan Apple terletak pada sel V, dimana IFE Score yaitu 2,8 yang menunjukkan posisi sedang dan EFE Score yaitu 3,1 yang menunjukkan posisi sedang. IE Matrix perusahaan Apple yang terletak pada sel II. Pada divisi ini dapat disebut tumbuh dan membangun (grow and build). Strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) atau integrative (integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal) mungkin paling tetap untuk semua divisi ini.

 

5.    SPACE Matrix




Berdasarkan kuadran SPACE Matrix, maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan garis koordinat yang didapat, Apple Inc harus menjalankan strategi agresif.




Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter