Membahas resume mengenai analisis manajemen strategi pada perusahaan Apple Icn, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, analisis faktor internal dan eksternal, hingga analisis strategi. Yuk, kita simak bersama!
Profil Perusahaan
Apple Inc merupakan perusahaan teknologi yang sudah mempunyai nama besar di pasar industri di dunia. Apple Inc ini adalah perusahaan yang berbentuk multinasional berbasis di Cupertino, California, Silicon Valley yang bergerak dalam bidang merancang, mengembangkan, serta menjual barang elektronik, perangkat lunak komputer, dan juga layanan daring. Tepatnya pada 1 April 1976 Apple didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Dilansir dari Britannica, Apple Inc. yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc., merupakan produsen komputer pribadi, peripheral komputer, dan perangkat lunak komputer di Amerika.
Visi Perusahaan
“Apple
di setiap meja.”
Misi Perusahaan
“Apple
berkomitmen untuk membawa pengalaman komputasi personal terbaik kepada siswa,
pendidik, professional kreatif dan konsumen diseluruh dunia melalui inovasi
software, hardware, dan persembahan internet.”
Analisis Faktor Internal dan Eksternal
1. IFE Matrix
Berdasarkan
perhitungan dari IFE Matrix di atas, didapat
bahwa total internal faktor Apple Inc adalah 2,80 yang artinya Apple berada di
level diatas rata -rata (posisi pengendalian internalnya kuat), mampu untuk
menangani faktor internal mereka serta mampu memanfaatkan dan menangani
kelemahan merek.
2. EFE
Matrix
Berdasarkan
perhitungan dari EFE Matrix di atas
menunjukkan bahwa total nilai bobotnya yaitu sebesar 3,1 melihat bahwa total
nilai bobot rata-rata sebesar 2,5 maka dapat dikatakan bahwa Apple.Inc
menanggapi pemanfaatan peluang dan menghindari ancaman perusahaan dengan baik
dan menunjukkan posisi eksternal yang kuat.
3. CPM
Berdasarkan
hasil dari matriks CPM,
dilakukan
perbandingan posisi strategis antara brand Apple dengan pesaing utamanya yaitu
Samsung dan Xiaomi. Dapat dilihat bahwa total bobot pada brand Apple
menunjukkan angka yang paling tinggi yaitu 3,37, disusul oleh brand Samsung
yaitu sebesar 3,24 dan posisi terakhir adalah brand Xiaomi sebesar 2,91.
Artinya bahwa kompetensi antara ketiga brand tersebut Apple dikatakan sebagai
brand yang paling unggul.
Analisis Strategi
1. SWOT
Matrix
·
SO Strategi
1. Memperketat
keamanan produk (S3, O4, O6)
2. Meningkatkan
fokus konsumen (S6, S7, O1, O2, O7)
3. Memperkuat
strategi branding (S5, O1, O2, O6, O8)
4. Inovasi
produk terdepan (S1, S2, S3, O2, O6, O8)
·
ST Strategi
1. Mempekerjakan
manajemen yang ahli dan berpengalaman (S4, T1, T2, T8, T9, T11)
2. Memperhatikan
celah keamanan software produk (S3, T6)
3. HaKI
dan penuntutan (S1, S2, S3, S8, T3, T4, T5)
·
WO Strategi
1. Menggunakan
baterai yang dapat bertahan lebih lama (W3, O4, O6)
2. Meningkatkan
pemasaran hard drive eksternal Apple (W5, O6)
3. Inovasi
system operasi perangkat (W2, O6)
4. Promo
bonus paket internet saat pembelian produk (W1, O1, O3, O4, O5)
·
WT Strategi
1. Meningkatkan
kapasitas baterai yang lebih tinggi (W3, T2, T8)
2. Memberi
variasi tema operasi system (W2, T8)
2. BCG
Matrix
Berdasarkan
matriks BCG Apple Inc didapat
bahwa:
·
Sapi perah adalah Macintosh,
Iphone, Iwatch dan iTunes
·
Bintang-bintangnya adalah Ipad
dan Ibook
·
Tanda tanyanya adalah Apple TV
·
Anjingnya adalah Ipod
3. GSM
Matrix
Berdasarkan
perhitungan matrik GSM Apple Inc terletak di kuadran pertama. Karena adanya penerimaan
yang tinggi di antara pesaing, posisi
kompetitif yang kuat, berkembang
dengan pertumbuhan pasar yang cepat,
strategi diversifikasi terkait, posisi strategis yang sangat
baik, konsentrasi
pada produk saat ini Apple Inc mengadopsi strategi pengembangan produk dan reputasi tinggi di antara
pelanggan karena citra perusahaan yang berkualitas tinggi.
4. I-E Matrix
Berdasarkan
IE Matriks, perusahaan Apple terletak pada sel V, dimana IFE Score yaitu 2,8
yang menunjukkan posisi sedang dan EFE Score yaitu 3,1 yang menunjukkan posisi
sedang. IE Matrix perusahaan Apple yang terletak pada sel II. Pada divisi ini
dapat disebut tumbuh dan membangun (grow and build). Strategi intensif
(penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) atau integrative
(integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal) mungkin
paling tetap untuk semua divisi ini.
5. SPACE
Matrix
Berdasarkan kuadran SPACE Matrix, maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan garis koordinat yang didapat, Apple Inc harus menjalankan strategi agresif.
Saya merasa senang bisa bekerja sama dengan Tn. Pedro selama beberapa tahun sebagai mitra bisnis. Selama Pedro dan tim perusahaan pinjamannya bertugas sebagai Perwakilan Hipotek untuk rumah saya dan juga untuk pembiayaan bisnis saya, dia membantu saya melunasi pinjaman yang sangat membantu saya dalam bisnis saya saat ini. Kami secara konsisten jauh melampaui target kami dan ini hanya dapat dikaitkan dengan kerja keras Tn. Pedro. Saya menghargai kerja keras Anda dan juga terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim Anda karena telah membantu saya dengan pinjaman untuk mengembangkan bisnis saya. Jika Anda mencari pinjaman dalam bentuk apa pun, hubungi Tn. Pedro di...pedroloanss@gmail.com
ReplyDeleteWhatsapp +393510140339 Tn. Pedro adalah petugas pinjaman yang jujur yang bekerja dengan sejumlah besar investor yang bersedia membiayai proyek apa pun.
Untungnya, seiring berjalannya waktu, hubungan kami tumbuh lebih dari sekadar pekerjaan dan saya masih senang menyebutnya sebagai teman yang dapat dipercaya.