-->

ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI PERUSAHAAN NIKE

 

Membahas resume mengenai analisis manajemen strategi pada perusahaan NIKE, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, analisis faktor internal dan eksternal, hingga analisis strategi. Yuk, kita simak bersama!




Profil Perusahaan

Nike adalah produsen terbesar pakaian dan sepatu olahraga. Merek Nike terkenal dengan cepat di seluruh dunia, terutama logo Swoosh dan slogan “Just Do It”. Perusahaan ini didirikan di Oregon tahun 1964 dengan nama Blue Ribbon Sports, yang belakangan nama ini diganti menjadi Nike pada tahun 1971. Selanjutnya perusahaan Nike menjadi perusahaan terbuka bulan Desember 1980.

 

Visi Perusahaan

“Menjadi perusahaan nasional dan internasional terbaik dengan kualitas, pelayanan dan kenyamanan yang baik bagi klien kami. Kami ingin produk kami dijual dan digunakan di seluruh belahan dunia”.

 

Misi Perusahaan

“Membawa inspirasi dan inovasi bagi semua atlet di dunia”


Analisis Faktor Internal dan Eksternal

1.      IFE Matrix



Berdasarkan data dalam IFE Matriks, dapat dilihat bahwa total skor dalam perusahaan Nike adalah sebesar 3,29. Dimana hal ini lebih besar dari total skor 2,5 atau skor rata-rata, sehingga kesimpulannya adalah perusahaan Nike telah mempunyai kemampuan internal perusahaan yang sangat baik atau sangat kuat. Perusahaan Nike ini telah berhasil mengantur keadaan internal perusahaannya dalam proses mempertahankan usahanya dan untuk selalu bersaing dengan pesaing diluar sana.

 

2.      EFE Matrix



Berdasarkan perhitungan dari EFE Matriks dalam perusahaan Nike, menunjukkan skor sejumlah 3,59, dimana lebih besar daripada 2,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan Nike telah berhasil dalam merespons dan menanggapi ancaman serta peluangnya dalam berbisnis.

 

3.      CPM



Didalam skor CPM, Nike mendapatkan total skor sebesar 3,88. Total skor yang didapat Nike tersebut lebih besar dari perusahaan pesaingnya yaitu Adidas dan Puma yang memiliki total skor masing-masing sebesar 3,79 dan 2,97. Dengan hasil skor analisis matriks CPM ini, maka membuktikan bahwa perusahaan Nike dapat bersaing di pasar global dan dapat mengungguli dua pesaingnya yaitu Adidas dan Puma..

 

Analisis Strategi

1.      SWOT Matrix

·         SO Strategi

1.      Dapat melakukan promosi olahrag melalui komunitas-komunitas baru, memulai pertumbuhan komunitas olahraga di Indonesia

2.      Dengan adanya Free trade agreement, biaya ekspor penjualan dan lain-lain bisaditekan.

3.      Inovasi-inovasi untuk memperkenalkan Sustainability harus dibuat semenarik mungkin sehingga dapat memancingkalangan atas untuk mencobadan memulai tren

4.      Mengembangkan pabrik diIndonesia, agar margin profitsemakin tinggi.

5.      Terus mengembangkan pemasaran dan penjualan secara online untuk menarik orang-orang millennials

 

·         ST Strategi

1.      Promosi yang baik merupakansebuah cara untukmenyampaikan pesan danmemunculkan Tren baru, dengan kesuksesan promosi dankampanye, Nike bisa mengontrolselera pasar.

2.      Terus memotivasi tim riset agarmenjadi yang terdepan.

3.      Terus mencari bahan dan inovasi yang ustainable dengan kualitas tinggi.

 

·         WO Strategi

1.      Memperlakukan pekerja luarnegeri dengan baik dan layak,dan karena biaya kerja yangcukup murah, mungkin bisa medukung mereka dengan benefit

2.      Produk-produk sepatu dibuatsedemikian rupa sehingga tak jarang orang membeli sepatu inikarena menarik, terutama kepada pasar menengah keatas.

3.      Produk yang sulit dijual. Ada baiknya di jual di luar negeri agar ada suasanya baru yang seleranya juga baru.

  

·         WT Strategi

1.      Memastikan setiap lapisan masyarakat dan berbagai kebutuhan juga dipenuhi. Dan diperhatikan sehingga dapat bersaing.

2.      Inflasi yang naik turun dapat menyebabkan profit yang naik turun juga.

 

2.      BCG Matrix



Dengan market share dan market growth yang tinggi, dapat dikatakan Nike berada di posisi stars. Dimana produk menjadi kunci utama dalam penjualan dengan dukungan promosi yang besar. Dalam posisi ini, ada berbagai alternatif strategi yangdapat dilakukan untuk menjaga posisi perusahaan, seperti strategi integrasi danstrategi intensif.

 

3.      GSM Matrix


Perusahaan Nike berada di kaudaran 1, hal ini disebabkan karena perusahaan dengan pertumbuhan pasar yang tinggi dan posisi kompetitif yang kuat. Perusahaan pada kuadran ini mempunyai posisi yang sangat bagus. Dimana di dalamnya juga terdapat beberapa stategi perusahaan seperti, pengembagan pasar, penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi kedepan, integrasi mundur, integrasi horizontal, diversifikasi konsentrasi.

 

4.      I-E Matrix




Berdasarkan hasil perhitungan analisis I-E Matrix, dapat dilihat bahwa kurang lebih nilai keseluruhan dari EFE matriks Nike adalah 3.59. Sedangkan, nilai tertimbang IFE matriks Nike adalah 3.29. Berdasarkan nilai EFE dan IFE matrikstersebut, maka Nike berada di posisi kuadran “I” yang artinya EFE dan IFE Nike berada pada posisi yang kuat dan tinggi dalam bidangnya, baik secara eksternal maupun internal.

 

5.      SPACE Matrix




Nike terdapat di kuadran agressive profiles dimana perusahaan kuat secara finansial dan juga berada dalam posisi yang cukup baik dalam menggunakan kekuatan internal dan eksternal untuk mengatasi segala macam tantangan strategi yang cocok untuk dipakai di perusahaan di kategori ini adalah strategi integrasi seperti forward integration, backward integration dan horizontal integration serta strategi intensif seperti market penetration, market development dan lain sebagainya.



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter