Membahas resume mengenai analisis manajemen strategi pada perusahaan NIKE, mulai dari profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, analisis faktor internal dan eksternal, hingga analisis strategi. Yuk, kita simak bersama!
Profil
Perusahaan
Nike adalah produsen terbesar pakaian dan sepatu olahraga. Merek Nike terkenal dengan cepat di seluruh dunia, terutama logo Swoosh dan slogan “Just Do It”. Perusahaan ini didirikan di Oregon tahun 1964 dengan nama Blue Ribbon Sports, yang belakangan nama ini diganti menjadi Nike pada tahun 1971. Selanjutnya perusahaan Nike menjadi perusahaan terbuka bulan Desember 1980.
Visi Perusahaan
“Menjadi
perusahaan nasional dan internasional terbaik dengan kualitas, pelayanan dan
kenyamanan yang baik bagi klien kami. Kami ingin produk kami dijual dan
digunakan di seluruh belahan dunia”.
Misi Perusahaan
“Membawa inspirasi dan inovasi bagi semua atlet di dunia”
Analisis Faktor Internal dan Eksternal
1. IFE
Matrix
Berdasarkan
data dalam IFE Matriks, dapat dilihat bahwa total skor dalam perusahaan Nike adalah sebesar 3,29. Dimana hal ini lebih
besar dari total skor 2,5 atau skor rata-rata, sehingga kesimpulannya adalah perusahaan
Nike telah
mempunyai kemampuan internal perusahaan yang sangat baik atau sangat kuat. Perusahaan Nike ini telah berhasil
mengantur keadaan internal perusahaannya dalam proses mempertahankan usahanya
dan untuk selalu bersaing dengan pesaing diluar sana.
2. EFE
Matrix
Berdasarkan
perhitungan dari EFE Matriks dalam perusahaan Nike, menunjukkan skor
sejumlah 3,59,
dimana lebih besar daripada 2,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan Nike telah berhasil dalam
merespons
dan menanggapi ancaman serta peluangnya dalam berbisnis.
3. CPM
Didalam
skor CPM,
Nike
mendapatkan total skor sebesar 3,88. Total skor yang didapat Nike tersebut
lebih besar dari perusahaan pesaingnya yaitu Adidas dan Puma yang memiliki
total skor masing-masing sebesar 3,79 dan 2,97. Dengan hasil skor analisis
matriks CPM ini, maka membuktikan bahwa perusahaan Nike dapat bersaing di pasar
global dan dapat mengungguli dua pesaingnya yaitu Adidas dan Puma..
Analisis Strategi
1. SWOT
Matrix
·
SO Strategi
1. Dapat
melakukan promosi olahrag melalui komunitas-komunitas baru, memulai
pertumbuhan komunitas olahraga
di Indonesia
2. Dengan
adanya Free trade agreement, biaya ekspor penjualan dan lain-lain bisaditekan.
3. Inovasi-inovasi
untuk memperkenalkan Sustainability harus dibuat semenarik mungkin sehingga
dapat memancingkalangan atas untuk mencobadan memulai tren
4. Mengembangkan
pabrik diIndonesia, agar margin profitsemakin tinggi.
5. Terus
mengembangkan pemasaran dan penjualan secara online untuk menarik orang-orang
millennials
·
ST Strategi
1. Promosi
yang baik merupakansebuah cara untukmenyampaikan pesan danmemunculkan Tren
baru, dengan kesuksesan promosi dankampanye, Nike bisa mengontrolselera pasar.
2. Terus
memotivasi tim riset agarmenjadi yang terdepan.
3. Terus
mencari bahan dan inovasi yang ustainable dengan kualitas tinggi.
·
WO Strategi
1. Memperlakukan
pekerja luarnegeri dengan baik dan layak,dan karena biaya kerja yangcukup
murah, mungkin bisa medukung mereka dengan benefit
2. Produk-produk
sepatu dibuatsedemikian rupa sehingga tak jarang orang membeli sepatu inikarena
menarik, terutama kepada pasar menengah keatas.
3. Produk
yang sulit dijual. Ada baiknya di jual di luar negeri agar ada suasanya baru yang
seleranya juga baru.
·
WT Strategi
1. Memastikan
setiap lapisan masyarakat dan berbagai kebutuhan juga dipenuhi. Dan
diperhatikan sehingga dapat bersaing.
2. Inflasi
yang naik turun dapat menyebabkan profit yang naik turun juga.
2. BCG
Matrix
Dengan
market share dan market growth yang tinggi, dapat dikatakan Nike berada di
posisi stars. Dimana produk menjadi kunci utama dalam penjualan dengan dukungan
promosi yang besar. Dalam posisi ini, ada berbagai alternatif strategi
yangdapat dilakukan untuk menjaga posisi perusahaan, seperti strategi integrasi
danstrategi intensif.
3. GSM
Matrix
Perusahaan Nike berada di kaudaran 1, hal
ini disebabkan karena perusahaan dengan pertumbuhan pasar yang tinggi dan
posisi kompetitif yang kuat. Perusahaan pada kuadran ini mempunyai posisi yang
sangat bagus. Dimana di dalamnya juga terdapat beberapa stategi perusahaan
seperti, pengembagan pasar, penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi
kedepan, integrasi mundur, integrasi horizontal, diversifikasi konsentrasi.
4. I-E
Matrix
Berdasarkan
hasil perhitungan analisis I-E Matrix, dapat dilihat bahwa kurang lebih nilai
keseluruhan dari EFE matriks Nike adalah 3.59. Sedangkan, nilai tertimbang IFE matriks Nike adalah 3.29.
Berdasarkan nilai EFE dan IFE matrikstersebut, maka Nike berada di posisi
kuadran “I” yang artinya EFE dan IFE Nike berada pada posisi yang kuat dan
tinggi dalam bidangnya, baik secara eksternal maupun internal.
5. SPACE
Matrix
Nike terdapat di kuadran agressive profiles dimana perusahaan kuat secara finansial dan juga berada dalam posisi yang cukup baik dalam menggunakan kekuatan internal dan eksternal untuk mengatasi segala macam tantangan strategi yang cocok untuk dipakai di perusahaan di kategori ini adalah strategi integrasi seperti forward integration, backward integration dan horizontal integration serta strategi intensif seperti market penetration, market development dan lain sebagainya.
Post a Comment
Post a Comment