-->

RESUME PSAK 15 INVESTASI PADA ENTITAS ASOSIASI DAN VENTURA BERSAMA


Berisi resume PSAK 15 terkait dengan investasi entitas asosiasi dan ventura bersama. Semoga bermanfaat!

Entitas Asosiasi : entitas yang mana investor memiliki pengaruh signifikan. 

Ventura Bersama : pengaturan bersama yang para pihaknya memiliki pengendalian bersama atas pengaturan memiliki hak atas aset netto dari pengaturan. 

Metode Ekuitas : metode akuntansi di mana investasi awalnya dicatat sebesar harga perolehan selanjutnya disesuaikan atas perubahan pasca perolehan : laba atau rugi dan penghasilan komprehensif lain. = Harga perolehan awal + bagian laba – bagian rugi – bagian distribusi dari investee +/- penghasilan komprehensif 

Pengaruh signifikan : kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan keputusan investee, tetapi tidak mengendalikan atau mengendalikan bersama atas kebijakan tersebut. 

Pengendalian bersama: persetujuan kontraktual untuk berbagi pengendalian dan suatu pengaturan yang ada hanya ketika keputusan tentang aktivitas relevan mensyaratkan persetujuan dengan syarat bulat dari seluruh pihak yang berbagi pengendalian. 

Pengaturan bersama: pengaturan yang ada atau lebih pihaknya memiliki pengendalian bersama. 

Ketika investasi rugi sehingga investasi menjadi negatif, maka investasi akan disajikan sebesar nol, liabilitas diakui jika memiliki kewajiban hukum dan konstruktif. Jika laba, pengakuan laba baru setelah bagian laba sama dengan bagian rugi yang telah diakui.

A. Pengaruh Signifikan 

1. Ciri-ciri 

- Kepemilikan investor berupa saham berhak suara pada entitas lain, terbagi menjadi 3 kelompok : 

1) Kurang dari 20% 

Jika entitas memiliki secara langsung/ tidak langsung (contohnya melalui entias anak), kurang dari 20% suara investee, maka entitas dianggap tidak memiliki pengaruh signifikan, kecuali pengaruh signifikan tersebut dapat dibuktikan dengan jelas. Biasanya pada kondisi ini seluruh saham berhak suara dianggap investasi pasif karena tidak memiliki pengaruh besar apalagi pengendalian manajemen. 

 2) 20%-50% 

Jika entitas memiliki secara langsung/ tidak langsung (contohnya melalui entias anak) lebih/sama dengan 20% dari suara investee, maka entitas dianggap memiliki pengaruh signifikan, kecuali dapat dibuktikan dengan jelas bahwa entitas tidak memiliki pengaruh signifikan. Investee berpotensi sebagai entitas asosiasi jika syarat investor dan investee dipenuhi. 

3) Lebih dari 50% 

Entitas-investee berpotensi jadi perusahaan anak jika syarat terpenuhi. 

- Dapat dibuktikan dengan satu atau lebih cara-cara di bawah : 

1) Keterwakilan dalam dewan direksi atau organ setara di investee 

2) Partisipasi dalam proses pembuatan kebijakan 

3) Adanya transaksi material antara entitas dengan investee 

4) Pertukaran personil manajerial 

5) Penyediaan informasi teknis esensial 

- Entitas dapat memiliki waran, opsi beli saham, instrument utang, atau instrument ekuitas yang dapat dikonversi menjadi saham biasa, atau instrument sejenis lain yang memiliki potensi (jika dilaksanakan atau dikonversi) untuk menambah hak suara entitas atau mengurangi hak suara pihak lain atas kebijakan keuangan entitas operasional lainnya (yaitu hak suara potensial). 

2. Hilangnya pengaruh signifikan atas investee dapat terjadi ketika entitas kehilangan kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan operasional investee. 

B. Metode Ekuitas 

- Entitas dengan pengendalian bersama atau pengaruh signifikan atas investee mencatat investasinya pada entitas investasi atau ventura bersama dengan menggunakan metode ekuitas, kecuali jika investasi tersebut memenuhi syarat pengecualian penerapan metode ekuitas. 

- Pengakuan investee pada entitas asosiasi atau ventura bersama diakui sebesar biaya perolehan, dan jumlah tercatat tersebut ditambah atau dikurang untuk mengakui bagian investor atas laba rugi investee setelah tanggal perolehan. 

- Penerapan metode ekuitas memberikan pelaporan yang lebih informatif atas aset neto dan laba rugi investor. 

- Penerapan Metode Ekuitas 

Pengecualian 

  • Jika investasi dimilliki atau dimiliki secara tidak langsung melalui entitas modal ventura, reksa dana, unit perwalian dan entitas serupa termasuk dana asuransi terkait investasi, maka dapat memilih menggunakan nilai wajar PSAK 55. 
  • Jika entitas mau dijual = menerapkan PSAK 58 
  • Setelah pelepasan terjadi, entitas menjadi bagian yang tersisa dalam entitas asosiasi atau ventura bersama sesuai dengan PSAK 71. 
  • Ketika sudah tidak lagi memenuhi kriteria untuk dimiliki dan dijual, investasi tersebut dicatat dengan metode ekuitas secara retrispektif sejak tanggal klasifikasi sebagai dimiliki untuk dijual. 
Penghentian metode ekuitas: 
  • Investasi menjadi entitas anak = Mencatat investasi sesuai PSAK 22: (Kombinasi Bisnis) dan PSAK 65: Laporan Keuangan Konsolidasian 
  • Jika sisa kepentingan dalam entitas asosiasi atau ventura bersama merupakan aset keuangan, maka entitas mengukur sisa kepentingan tersebut pada nilai wajar. Nilai wajar dari sisa kepentingan dianggap sebagai nilai wajar pada saat pengakuan awal sebagai aset keuangan sesuai dengan PSAK 71; Instrumen Keuangan. Entitas mengakui dalam laba rugi selisih antara: 
a. Nilai wajar sisa kepentingan dan hasil dari pelepasan sebagian kepentingan pada entitas asosiasi atau ventura bersama; dan 
b. Jumlah tercatat investasi pada tanggal penggunaan metode ekuitas dihentikan. 
  • Ketika metode ekuitas dihentikan, entitas mencatat seluruh jumlah yang telah diakui dalam penghasilan komprehensif lain menggunakan dasar yang sama jika investee telah melepas secara langsung aset dan liabilitas terkait.
  • Jika investasi pada entitas asosiasi menjadi investasi pada ventura bersama atau sebaliknya, maka entitas melanjutkan penerapan metode ekuitas dan tidak mengukur kembali kepentingan yang tersisa. 
- Perubahan dalam bagian kepemilikan Jika bagian kepemilikan pada entitas asosiasi atau ventura bersama berkurang, tetapi investasi tetap diklasifikasikan masing-masing sebagai entitas asosiasi atau ventura bersama, maka entitas mengklasifikasikan ke laba rugi proporsi keuntungan atau kerugian yang telah diakui sebelumnya dalam penghasilan komperehensif lain. 

- Prosedur metode ekuitas 
  • Banyak prosedur yang sesuai dengan penerapan metode ekuitas yang serupa dengan prosedur konsolidasi = PSAK 65. 
  • Kuntungan dan kerugian yang yang dihasilkan dari transaksi “hulu” dan “hilir” antara entitas (termasuk entitas anak yang dikonsolidasi) dan entitas asosiasinya atau ventura bersama diakui dalam laporan keuangan tersebut hanya sebesar bagian investor lain dalam entitas asosiasi atau ventura bersama. 
  • Investasi dicatat dengan menggunakan metode ekuitas sejak tanggal investasi tersebut memenuhi definisi entitas asosiasi atau ventura bersama. Pada saat perolehan investasi, setiap selisish antara biaya perolehan investasi dengan bagian entitas atas nilai wajar neto asset dan liabilitas teridentifikasi dari investee dicatat dengan cara berikut : 
a. Goodwill yang terkait dengan entitas asosiasi atau ventura bersama termasuk dalam jumlah tercatat investasi. Amortisasi goodwill tidak diperkenankan. 
b. Setiap selisih lebih bagian entitas atas nilai wajar netto asset dan liabilitas teridentifikasi dari investee terhadap biaya perolehan investasi dimasukkan sebagai penghasilan dalam menentukan bagian entitas atas laba rugi entitas asosiasi atau ventura bersama pada periode awal investasi diperoleh. 
  • Laporan keuangan terkini entitas asosiasi atau ventura bersama yang tersedia digunakan oleh entitas dalam menerapkan metode ekuitas. Jika akhir periode pelaporan entitas berbeda dengan entitas asosiasi atau ventura bersama, maka entitas asosiasi atau ventura bersama menyajikan laporan keuangan dengan tanggal yang sama dengan laporan keuangan entitas kecuali hal tersebut adalah praktis. 
  • Ketika (sesuai dengan di atas) laporan keuangan entitas asosiasi atau ventura bersama yang digunakan dalam menerapkan metode ekuitas disusun berbeda dari tanggal entitas, maka penyesuaian dilakukan terhadap dampak dari transaksi atau peristiwa signifikan yang terjadi diantara tanggal laporan keuangan entitas asosiasi atau ventura bersama dengan tanggal laporan keuangan entitas. 
  • Dalam setiap kasus, perbedaan antara akhir periode pelaporan entitas asosiasi atau ventura bersama dengan akhir periode pelaporan entitas tidak lebih dari tiga bulan. Jangka waktu periode pelaporan dan setiap perbedaan antara akhir periode pelaporan adalah sama dari periode ke periode. 
  • Laporan keuangan entitas disusun dengan menggunakan kebijakan akuntansi yang sama untuk transaksi dan peristiwa dalam keadaan serupa. 
- Rugi Penurunan Nilai 
  • Setelah menerapkan metode ekuitas, termasuk pengakuan kerugian entitas asosiasi atau ventura bersama entitas menerapkan paragraph 41A-41C (dalam buku SAK : 15.8-15.9) untuk menentukan apakah terdapat bukti objektif bahwa investasi neto entitas pada entitas asosiasi atau ventura bersama mengalami penurunan nilai. 
  • Entitas juga menerapkan persyaratan dalam PSAK 55 untuk menentukan apakah setiap tambahan rugi penurunan nilai diakui dengan memperhatikan bagian entitas pada entitas asosiasi. Goodwill yang membentuk bagian dari nilai tercatat investasi pada entitas asosiasi atau ventura bersama tidak diakui secara terpisah. 
  • Dalam menentukan nilai pakai investasi, entitas mengesstimasi : 
1. Bagiannya atas nilai kini arus kas masa depan estimasian yang diharapkan akan dihasilkan oleh entitas asosiasi. 
2. Mulai kini arus kas masa depan estimasian yang diharapkan. 
  • Jumlah terpulihkan dari investasi pada entitas asosiasi dinilai untuk setiap entitas asosiasi. 
C. Tanggal Efektif dan Ketentuan Transisi 
- Mengutip isi dari paragraf 45I, entitas yang pertama kali menerapkan amandemen dalam paragraph 45G setelah pertama kali menerapkan PSAK 71 harus menerapkan ketentuan transisi dalam PSAK 71 yang diperlukan untuk menerapkan persyaratan yang diterapkan dalam paragraf 14A atas kepentingan jangka panjang. Entitas dapat menyakin kembali periode-periode sebelumnya hanya jika memungkinkan tanpa melakukan peninjauan ke belakang.



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter