-->

RESUME PSAK 67 PENGUNGKAPAN KEPENTINGAN DALAM ENTITAS LAIN

 Berisi PSAK 67 terkait dengan pengungkapan kepentingan dalam entitas lain. Semoga bermanfaat!

Istilah yang digunakan dalam PSAK 67 

▪ Entitas terstruktur (structured entity) adalah entitas yang telah didesain sehingga hak suara atau hak serupa bukan merupakan faktor dominan dalam memutuskan siapa yang mengendalikan entitas, seperti Ketika hak suara apapun hanya terkait dengan tugas administrasi, dan aktivitas relevan diarahkan melalui program kontraktual. Atau entitas terstruktur adalah entitas yang dikendalikan oleh hak suara tidak dengan sendirinya, contoh, hanya karena entitas menerima pendanaan dari pihak ketiga setelah restrukturisasi. 

▪ Kepentingan dalam entitas lain (interest in another city), Untuk tujuan Pernyataan ini, kepentingan dalam entitas lain mengacu pada keterlibatan kontraktual dan nonkontraktual yang mengekspos entitas terhadap variabilitas imbal hasil dari kinerja entitas lain. Kepentingan dalam entitas lain dapat dibuktikan dengan, tetapi tidak terbatas pada, kepemilikan instrumen ekuitas atau instrumen utang sebagaimana bentuk keterlibatan lainnya seperti penyediaan dana, dukungan likuiditas, peningkatan kualitas kredit dan jaminan. Hal tersebut mencakup cara entitas memiliki pengendalian atau pengendalian bersama atau pengaruh signifikan atas entitas lain. Entitas tidak serta merta memiliki kepentingan dalam entitas lain semata-mata hanya karena hubungan pemasok pelanggan yang khusus. 

Variabilitas Imbal Hasil, adalah imbal hasil yang tidak tetap dan memiliki potensi untuk bervariasi sebagai hasil dan kinerja investee. Imbal hasil variable dapat hanya positif, hanya negative, atau positif dan negative. Investor menilai apakah imbal hasil dari investee bervariasi dan seberapa bervariasinya imbal hasil tersebut berdasarkan substansi pengaturan dan tanpa memperhatikan bentuk legal dari imbal hasil. 

Penghasilan dari entitas terstruktur (income from a structured entity). Untuk tujuan Pernyataan ini, penghasilan dari entitas terstruktur mencakup, tetapi tidak terbatas pada, imbalan berulang dan tidak berulang, bunga, dividen, keuntungan atau kerugian dari pengukuran kembali atau penghentian pengakuan kepentingan dalam entitas terstruktur dan keuntungan atau kerugian dari pengalihan aset dan liabilitas kepada entitas terstruktur. 

▪ Entitas anak adalah suatu entitas, termasuk entitas bukan perseroan terbatas seperti persekutuan yang dikendalikan oleh entitas lain. Entitas induk adalah suatu entitas yang mempunyai satu atau lebih entitas anak. 

▪ Entitas asosiasi adalah suatu entitas termasuk entitas non korporasi seperti persekutuan, dimana investor mempunyai pengaruh signifikan dan bukan merupakan entitas anak ataupun bagian partisipasi dalam ventura bersama. 

▪ Entitas induk adalah suatu entitas yang mempunyai satu atau lebih entitas anak. Pengendalian adalah kekuasaan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasional suatu entitas untuk memperoleh manfaat dari aktivitas entitas tersebut. 

▪ Ventura Bersama, adalah suatu pengaturan bersama yang para pihaknya memiliki pengendalian bersama atas pengaturan memiliki hak atas aset netto dari pengaturan. 

▪ Pengaruh signifikan, adalah kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan keputusan investee, tetapi tidak mengendalikan atau mengendalikan bersama atas kebijakan tersebut. 

▪ Pengaturan bersama adalah pengaturan yang da atau lebih pihaknya memiliki pengendalian bersama. 

▪ Pengendalian bersama, adalah persetujuan kontraktual untuk berbagi pengendalian dan suatu pengaturan yang ada hanya ketika keputusan tentang aktivitas relevan mensyaratkan persetujuan dengan syarat bulat dari seluruh pihak yang berbagi pengendalian. 

PENDAHULUAN 

Tujuan 

Pernyataan ini bertujuan memberikan syarat kepada entitas untuk mengungkapkan informasi yang diperlukan untuk mengevaluasi : 

a. Sifat dan risiko yang terkait dengan kepentingannya dalam entitas lain 

b. Dampak dari kepentingan tersebut terhadap posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas entitas. 

Ruang Lingkup 

PSAK 67 diterapkan oleh entitas yang memiliki kepentingan dalam hal berikut : 

a. Entitas anak 

b. Pengaturan bersama (yaitu operasi bersama atau ventura bersama) 

c. Entitas asosiasi 

d. Entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi. 

Pernyataan ini tidak diterapkan untuk : 

 a. Program imbalan pascakerja atau program imbalan kerja jangka panjang lain yang telah diatur dalam PSAK 24 : Imbalan Kerja 

b. Laporan keuangan tersendiri entitas yang telah diatur dalam PSAK 4 : Lapoan Keuangan Tersendiri. Akan tetapi : 

i. Dikosongkan 

ii. Entitas investasi yang menyusun laporan keuangan yang seluruh entitas anaknya diukur pada nilai wajar melalui laba rugi sesuai dengan PSAK 65 : Laporan Keuangan Konsolidasian harus menyajikan pengungkapan yang berkaitan dengan entitas investasi yamh disyaratkan oleh pernyataan ini. 

c. Kepentingan yang dimiliki oleh entitas yang berpartisipasi dalam pengaturan bersama, tetapi tidak memiliki pengendalian bersama, kecuali kepentingan tersebut menyebabkan pengaruh signifikan atas pengaturan bersama atau merupakan kepentingan dalam entitas terstruktur. 

d. Kepentingan dalam entitas lain yang dicatat sesuai dengan PSAK 7: Instrumen Keuangan, akan tetapi, entitas menerapkan pernyataan ini : 

i. Ketika kepentingan tersebut adalah kepentingan dalam entitas asosiasi atau ventura bersama yang sesuai dengan PSAK 15: Investasi pada Entitas Asosiasi dan Ventura Bersama diukur pada nilai wajar melakui laba rugi, atau, 

ii. Ketika kepentingan tersebut adalah kepentingan dalam entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi. 

Ketentuan Pengungkapan 

Dalam mencapai tujuan dari PSAK 67 ini, entitas mengungkapkan : 

a. Pertimbangan dan asumsi signifikan yang telah dibuat dalam menentukan : 

i. Sifat dari kepentingannya dalam entitas atau pengaturan lain. 

ii. Jenis pengaturan bersama dimana entitas memiliki kepentingan 

iii. Bahwa entitas memenuhi definisi entitas investasi, jika dapat diterapkan 

b. Informasi mengenai kepentingannya dalam : 

i. Entitas anak 

ii. Pengaturan bersama dan entitas asosiasi 

iii. Entitas terstruktur yang tidak dikendalikan oleh entitas induk (entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi) 

Jika pengungkapan yang disyaratkan oleh PSAK 67 dan ketentuan pengungkapan yang disyaratkan SAK lain tidak memenuhi tujuan dalam PSAK 67 ini, maka entitas mengungkapkan seluruh informasi tambahan yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut. 

PERTIMBANGAN DAN ASUMSI SIGNIFIKAN 

Entitas mengungkapkan informasi mengenai pertimbangan dan asumsi signifikan yang telah dibuat dalam menentukan : 

a. Bahwa entitas memiliki pengendalian terhadapa entitas lain, yaitu investee sebagaimana dijelaskan dalam PSAK 65 : Laporan Keuangan Konsolidasian 

b. Bahwa entitas memiliki pengendalian bersama terhadap pengaturan atau pengaruh signifikan atas entitas lain 

c. Jenis pengaturan bersama yaitu operasi bersama atau ventura bersama 

Ketika pengaturan tersbeut telah dibentuk melalui kendaraan terpisah Pertimbangan dan asumsi signifikan yang diungkapkan mencakup pertimbangan dan asumsi signifikan yang dibuat oleh entitas ketika terjadi perubahan fakta dan keadaan, sehingga kesimpulan mengenai apakah entitas memiliki pengendalian, pengendalian bersama, atau pengaruh signifikan berubah selama periode pelaporan. Entitas mengungkapkan, pertimbangan dan asumsi signifikan yang dibuat dalam menentukan bahwa ; 

a. entitas tidak mengendalikan entitas lain meskipun entitas tersebut memiliki lebih dari setengah hak suara entitas lain; 

b. entitas mengendalikan entitas lain meskipun entitas tersebut memiliki kurang dari setengah hak suara entitas lain; 

c. entitas adalah agen atau prinsipal; 

d. entitas tidak memiliki pengaruh signifikan meskipun entitas memiliki 20% atau lebih entitas lain; 

e. entitas memiliki pengaruh signifikan meskipun entitas memiliki kurang dari 20% hak entitas lain. 

Status Entitas Investasi 

Ketika entitas induk menentukan bahwa entitas tersebut adalah entitas investasi sesuai dengan PSAK 65 : Laporan Keuangan Konsolidasian , entitas investasi mengungkapkan informasi mengenai pertimbangan dan asumsi signifikan yang telah dibuat dalam menentukan bahwa entitas induk adalah entitas investasi. Jika entitas investasi tidak memiliki satu atau lebih dari karakteristik khusus entitas investasi (PSAK 65 paragraf 28), maka entitas induk mengungkapkan alasannya dalam menyimpulkan bahwa entitas induk tetap merupakan entitas investasi. 

 Ketika suatu entitas menjadi entitas investasi atau berhenti menjadi entitas investasi, entitas tersebut mengungkapkan perubahan status entitas investasi dan alasan perubahannya. Selain itu, entitas yang menjadi entitas investasi mengungkapkan dampak perubahan status dalam laporan keuangan untuk periode yang disajikan, termasuk : 

a. Jumlah nilai wajar entitas anak yang berhenti untuk dikonsolidasikan, pada tanggal perubahan status. 

b. Jumlah keuntungan atau kerugian, jika ada, yang dihitung sesuai dengan PSAK 65 

c. Pos dalam laba rugi ketika keuntungan atau kerugian diakui (jika tidak disajikan secara tepisah) 

KEPENTINGAN DALAM ENTITAS ANAK 

Entitas mengungkapkan informasi yang memungkinkan para pengguna laporan keuangan konsolidasinya 

a. untuk memahami : 

i. komposisi kelompok usaha; 

ii. kepentingan yang dimiliki oleh kepentingan nonpengendali dalam aktivitas dan arus kas kelompok usaha (paragraf 12); dan 

b. untuk mengevaluasi 

i. sifat dan luas pembatasan signifikan atas kemampuan entitas untuk mengakses atau menggunakan aset dan menyelesaikan liabilitas kelompok usaha tersebut (paragraf 13); 

ii. sifat dan perubahan risiko yang terkait dengan kepentingannya dalam entitas terstruktur yang dikonsolidasi (paragraf 14-17); 

iii. konsekuensi perubahan bagian kepemilikan dalam entitas anak yang tidak mengakibatkan hilangnya pengendalian (paragraf 18); 

iv. konsekuensi hilangnya pengendalian atas entitas anak selama periode pelaporan (paragraf 19). 

Ketika laporan keuangan entitas anak yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasian adalah pada tanggal atau untuk periode yang berbeda dari tanggal dan periode laporan keuangan konsolidasian tersebut (lihat PSAK 65: Laporan Keuang Konsolidatian paragraf PP92 dan PP93), entitas mengungkapkan : 

a. tanggal akhir periode pelaporan dari laporan keuangan entitas anak, 

b. alasan untuk menggunakan tanggal atau periode yang berbeda. Kepentingan yang Dimiliki oleh 

Kepentingan Nonpengendali dalam Aktivitas dan Arus Kas Kelompok Usaha 

Entitas mengungkapkan untuk setiap entitas anaknya yang memiliki kepentingan nonpengendali yang bersifat material terhadap entitas pelapor : 

a. nama entitas anak 

b. lokasi utama kegiatan usaha (dan negara tempat pendirian jika berbeda dari lokasi utama kegiatan usaha) entitas anak. 

c. proporsi bagian kepemilikan yang dimiliki oleh kepentingan nonpengendali 

d. proporsi hak suara yang dimiliki oleh kepentingan nonpengendali, jika berbeda dari proporsi bagian kepemilikan yang dimiliki. 

e. aba atau rugi yang dialokasikan kepada kepentingan nonpengendali dari entitas anak selama periode pelaporan. 

f. akumulasi kepentingan nonpengendali dari entitas anak pada akhir periode pelaporan. 

g. ringkasan informasi keuangan mengenai entitas anak. 

Sifat dan Cakupan Pembatasan Signifikan 

Entitas mengungkapkan: 

a. pembatasan signifikan (contohnya pembatasan undang-undang, kontraktual, dan regula) atas kemampuannya untuk mengakses atau menggunakan aset dan menyelesaikan habits kelompok usaha, seperti: 

i. pembatasan signifikan yang membatasi kemampuan entitas Induk atau entitas anaknya untuk mengalihkan kas atau aset lain kepada (atau dari) entitas lain dalam kelompok usaha tersebut. 

ii. jaminan atau persyaratan lain yang dapat membatasi pembagian dividen dan distribusi modal lain yang dibayar atau pinjaman dan uang muka yang dibuat ata dibayar kembali, kepads (atau dari) entitas lain dalam kelompok usaha tersebut 

b. sifat dan cakupan mana hak protektif kepentingan nonpengendali dapat membatasi kemampuan entitas secara signifikan untuk mengakses atau menggunakan aset dan menyelesaikan liabilitas kelompok usaha (seperti ketika entitas induk diwajibkan untuk menyelesaikan liabilitas entitas anak sebelum menyelesaikan liabilitasnya sendiri, persetujuan dari kepentingan nonpengendali disyaratkan baik untuk mengakses asset atau untuk menyelesaikan liabilitas entitas anak) 

 c. jumlah tercatat dalam laporan keuangan konsolidasian atas aset dan liabilitas yang terkena pembatasan tersebut. 

Sifat Risiko yang Terkait dengan Kepentingan Entitas dalam Entitas Terstruktur yang Dikonsolidasi 

Entitas mengungkapkan persyaratan dari pengaturan kontraktual apapun yang apat menyaratkan entitas induk atau entitas anaknya untuk memberikan dukungan keuang pada entitas terstruktur yang dikonsolidasi, termasuk peristiwa atau keadaan yang dapat mengekspos entitas pelapor terhadap kerugian (contohnya, pemicu pengaturan likuiditas atau peringkat kredit terkait dengan kewajiban untuk membeli aset entitas terstruktur berikan dukungan keuangan). 

Jika selama periode pelaporan entitas induk atau entitas anaknya, walaupun tidak memiliki kewajiban kontraktual untuk melakukannya, telah memberikan dukungan keuangan atau dukungan lain kepada entitas terstruktur yang dikonsolidasi (contohnya pembelian aset instrumen yang diterbitkan oleh entitas terstruktur), maka entitas mengungkapkan : 

a. jenis dan jumlah dukungan yang diberikan, termasuk situasi di mana entitas induk atau entitas anaknya membantu entitas terstruktur dalam mendapatkan dukungan keuangan 

b. alasan untuk memberikan dukungan Entitas mengungkapkan intensi kini apapun untuk memberikan dukungan keuangan atau dukungan lain kepada entitas terstruktur yang dikonsolidasi, termasak intensi untuk membantu entitas terstruktur dalam mendapatkan dukungan keuangan. 

Konsekuensi Perubahan Bagian Kepemilikan Entitas Induk dalam Entitas Anak yang Tidak Mengakibatkan Hilangnya Pengendalian 

Entitas menyajikan skedal yang menunjukkan dampak terhadap ekuitas yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk atas perubahan apapun dalam bagian kepentingannya dalam entitas anak yang tidak mengakibatkan hilangnya pengendalian. 

Konsekuensi Hilangnya Pengendalian atas Entitas Anak Selama Periode Pelaporan 

Entitas mengungkapkan keuntungan atau kerugian, jika ada, yang dihitung sesuai dengan PSAK 65 : Laporan Keuangan Konsolidasian paragraf 25, dan : 

a. porsi dari keuntungan atau kerugian yang dapat diatribusikan untuk mengukur setiap investasi yang tersisa dalam entitas yang sebelumnya merupakan entitas anak pada nilai wajarnya pada tanggal ketika hilangnya pengendalian; dan 

b. pos dalam laba atau rugi di mana keuntungan atau kerugian diakui (jika tidak disajikan secara terpisah). 

KEPENTINGAN DALAM ENTITAS ANAK YANG TIDAK DIKONSOLIDASI (ENTITAS INVESTASI) 

Entitas investasi yang sesuai dengan PSAK 65: Laporan Keuangan Konsolidasian disyaratkan untuk menerapkan pengecualian terhadap konsolidasi dan sebaliknya mencatat investasinya dalam entitas anak pada nilai wajar. 

Untuk setiap entitas anak yang tidak dikonsolidasi, entitas investasi mengungkapkan: 

a. nama entitas anak;

b. lokasi utama kegiatan usaha (dan negara tempat pendirian jika berbeda dari lokasi utama kegiatan usaha) entitas anak; 

c. proporsi bagian kepemilikan yang dimiliki oleh entitas investasi dan, jika berbeda, proporsi hak suara yang dimiliki. 

Entitas investasi mengungkapkan :

a. sifat dan luas pembatasan signifikan apapun (contohnya, akibat dari pengaturan pinjaman persyaratan regulasi, atau pengaturan kontraktual) atas kemampuan entitas anak yang tidak dikonsolidasi untuk mengalihkan dana kepada entitas investasi dalam bentuk dividen kas atau untuk membayar kembali pinjaman atau uang muka yang diberikan oleh entitas investasi kepada entitas anak yang tidak dikonsolidasi 

b. komitmen atau intensi kini apapun untuk memberikan dukungan keuangan atau dukungan ain kepada entitas anak yang tidak dikonsolidasi, termasuk komitmen atau intensi untuk membantu entitas anak dalam memperoleh dukungan keuangan 

Jika selama periode pelaporan, entitas investasi atau entitas anaknya, walaupun tidak memiliki kewajiban kontraktual untuk melakukannya, telah memberikan dukungan keuangan atau dukungan lain, maka entitas mengungkapkan: 

a. Jenis dan jumlah dukungan yang diberikan kepada setiap entitas anak yang tidak dikonsolidasi 

b. alasan untuk memberikan dukungan. Persyaratan pengaturan kontraktual apapun yang dapat mensyaratkan entitas atau entitas anaknya yang tidak dikonsolidasi untuk memberikan dukungan keuangan kepada entitas yang tidak dikonsolidasi, dikendalikan, dan terstruktur termasuk peristiwa atau keadaan yang dapat mengekspos entitas pelapor terhadap kerugian. 

KEPENTINGAN DALAM PENGATURAN BERSAMA DAN ENTITAS ASOSIASI 

Entitas mengungkapkan informasi yang memungkinkan pengguna laporan keuangannya untuk mengevaluasi : 

a. sifat, cakupan, dan dampak keuangan dari kepentingannya dalam pengaturan bersama dan entitas asosiasi, termasuk sifat dan dampak hubungan kontraktualnya dengan investor lain yang memiliki pengendalian bersama atau pengaruh signifikan atas pengaturan bersama dan entitas asosiasi. 

b. sifat dan perubahan risiko yang terkait dengan kepentingannya dalam ventura bersama dan entitas asosiasi. 

Sifat, Cakupan, dan Dampak Keuangan dari Kepentingan Entitas dalam Pengaturan Bersama dan Entitas Asosiasi 

Entitas mengungkapkan: 

a. untuk setiap pengaturan bersama dan entitas asosiasi yang material bagi entitas pelapor : 

i. nama pengaturan bersama atau entitas asosiasi. 

ii. sifat hubungan entitas dengan pengaturan bersama atau entitas asosiasi 

iii. lokasi utama kegiatan usaha (dan negara tempat pendirian, jika dapat diterapkan dan berbeda dari lokasi utama kegiatan usaha) pengaturan bersama atau entitas asosiasi 

iv. proporsi bagian kepentingan atau penyertaan modal yang dimiliki oleh entitas dan jika berbeda, proporsi hak suara yang dimiliki (jika dapat diterapkan). 

b. untuk setiap ventura bersama dan entitas asosiasi yang material bagi entitas pelapor : 

i. apakah investasi dalam ventura bersama atau entitas asosiasi diukur dengan menggunakan metode ekuitas atau pada nilai wajar. 

ii. ringkasan informasi keuangan mengenai ventura bersama atau entitas asosiasi 

iii. jika ventura bersama atau entitas asosiasi dicatat dengan menggunakan metode ekuitas, nilai wajar investasi dalam ventura bersama atau entitas asosiasi, jika terdapat harga pasar kuotasian untuk investasi tersebut. 

c. informasi keuangan sebagaimana dijelaskan dalam paragraf PP16 tentang investasi entitas dalam ventura bersama dan entitas asosiasi yang jumlahnya tidak material secara individual: 

i. secara gabungan dan yang dipisahkan dari informasi untuk seluruh ventura bersama yang tidak material secara individual 

ii. secara gabungan untuk seluruh entitas asosiasi yang tidak material secara individual. 

Entitas juga mengungkapkan: 

a. sifat dan cakupan pembatasan signifikan apapun (contohnya akibat dari pengaturan pinjaman. persyaratan regulator atau pengaturan kontraktual antara investor dengan pengendalian bersama atas ventura bersama atau pengaruh signifikan atas entitas asosiasi) atas kemampuan ventura bersama atau entitas asosiasi untuk mengalihkan dana kepada entitas dalam bentuk dividen tunai, atau untuk melunasi pinjaman atau uang muka entitas. 

b. ketika laporan keuangan ventura bersama atau entitas asosiasi yang digunakan dalam menerapkan metode ekuitas adalah pada tanggal atau periode yang berbeda dengan tanggal atau periode laporan keuangan entitasnya: 

i. tanggal akhir periode pelaporan laporan keuangan ventura bersama dan entitas asosiasi; 

ii. alasan menggunakan tanggal atau periode yang berbeda. 

c. bagian kerugian yang belum diakui dari ventura bersama atau entitas asosiasi, baik untuk periode pelaporan dan secara kumulatif, jika entitas menghentikan pengakuan bagian kerugiannya dari ventura bersama atau entitas asosiasi ketika menerapkan metode ekuitas. 

Risiko Terkait dengan Kepentingan Entitas dalam Ventura Bersama dan Entitas Asosiasi 

Entitas mengungkapkan: 

a. komitmen bahwa entitas telah terkait dengan ventura bersamanya secara terpisah dari jumlah komitmen lain 

b. sesuai dengan PSAK 57: Provisi, Liabilitas Kontinjensi, dan Aset Kontinjeni, kecuali kemungkinan terjadinya kerugian sangat kecil, liabilitas kontinjensi yang terjadi terkait dengan kepentingannya dalam ventura bersama atau entitas asosiasi (termasuk bagiannya atas liabilitas kontinjensi yang terjadi secara bersamaan dengan investor lain yang memiliki pengendalian bersama atau pengaruh signifikan atas ventura bersama atau entitas asosiasi), secara terpisah dari jumlah liabilitas kontinjensi lain. 

KEPENTINGAN DALAM ENTITAS TERSTRUKTUR YANG TIDAK DIKONSOLIDASI 

Entitas mengungkapkan informasi yang memungkinkan pengguna laporan keuangannya: 

a. untuk memahami sifat dan cakupan dari kepentingannya dalam entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi; 

b. untuk mengevaluasi sifat dan perubahan risiko yang terkait dengan kepentingannya dalam entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi 

Sifat Kepentingan 

Entitas mengungkapkan informasi kuantitatif dan kualitatif mengenai kepentingannya dalam entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi, yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada, sifat, tujuan, ukuran dan aktivitas entitas terstruktur tersebut, dan bagaimana entitas terstruktur didanai. 

Jika entitas menjadi sponsor entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi dan entitas tidak memberikan informasi yang disyaratkan, maka entitas mengungkapkan : 

a. bagaimana entitas menentukan entitas terstruktur mana yang telah disponsori entitas 

b. penghasilan dari entitas terstruktur tersebut selama periode pelaporan, termasuk gambaran jenis penghasilan yang disajikan, dan 

c. jumlah tercatat (pada waktu pengalihan) dari seluruh aset yang dialihkan kepada entitas terstruktur selama periode pelaporan. 

Sifat Risiko 

Entitas mengungkapkan dalam format tabel, kecuali terdapat format lain yang lebih sesuai, ringkasan dari: 

a. jumlah tercatat aset dan liabilitas yang diakui dalam laporan keuangan entitas yang terkait dengan kepentingannya dalam entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi. 

b. pos dalam laporan posisi kenangan di mana aset dan liabilitas tersebut diakui 

c. jumlah yang paling merepresentasikan eksposur maksimal entitas terhadap kerugian dari kepentingannya dalam entitas terstruktur yang dikonsolidasi, termasuk bagaimana penentuan eksposur maksimal terhadap kerugian. Jika entitas tidak dapat menentukan jumlah eksposur maksimal terhadap kerugian dari kepentingannya dalam entitas terstruktur tidak dikonsolidasi, maka entitas mengungkapkan fakta dan alasannya. 

d. Perbandingan jumlah tercatat asset dan liabilitas entitas yang terkait dengan kepentingannya dalam entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi dan eksposur maksimal entitas terhadap kerugian dari entitas tersebut. 

Jika selama periode pelaporan entitas, walaupun tidak memiliki kewajiban kontraktual untuk melakukannya, telah memberikan dukungan keuangan atau dukungan lain untuk entitas terstruktur tidak dikonsolidasi di mana sebelumnya entitas pernah atau saat ini memiliki kepentingan di dalamnya, maka entitas mengungkapkan: 

a. jenis dan jumlah dukungan yang diberikan, termasuk situasi saat entitas membantu entitas terstruktur dalam mendapatkan dukungan keuangan; dan 

b. alasan untuk memberikan dukungan tersebut. Entitas mengungkapkan intensi kini untuk memberikan dukungan keuangan atau dukungan lain kepada entitas terstruktur yang tidak dikonsolidasi, termasuk intensi untuk membantu entitas terstruktur dalam mendapatkan dukungan keuangan.




Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter