-->

MANAJEMEN PEMASARAN LENGKAP - PENGERTIAN, BAGAN, HINGGA PERBEDAAN DIGITAL MARKETING DAN ONLINE MARKETING

 

Membahas tentang manajemen pemasaran, mulai dari pengertian dan bagan, perkembangan pandangan peran pemasaran dalam organisasi, hingga perbedaan antara digital marketing dan online marketing. Yuk, kita simak bersama!

 




Manajemen marketing/pemasaran adalah proses kegiatan Planning, organizing, actuating, dan controlling yang diterapkan dan dilaksanakan dalam kegiatan-kegiatan pemasaran untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.

 


Perkembangan Pandangan Peran Pemasaran dalam Organisasi

 


Gambar (1) pemasaran sebagai fungsi yang sama

Pada permulaanya peran atau fungsi pemasaran dipandang sejajar dengan fungsi-fungsi perusahaan lainnya seperti fungsi produksi, fungsi keuangan, fungsi personalia, dan fungsi-fungsi lainnya. Dimana masing-masing divisi/departemen memiliki porsi peran yang sama. Terlihat dalam gambar (1) masing-masing mendapatkan porsi sebesar 25%.

Gambar (2) pemasaran sebagai fungsi yang lebih penting

Ketika pemasaran memberikan kontribusi yang paling besar pada kemajuan dan keuntungan perusahaan, pemasaran dianggap sebagai kegiatan perusahaan yang paling penting dibanding fungsi-fungsi lainnya. Dimana fungsi pemasaran memiliki mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan dengan fungsi produksi, SDM, dan keuangan.

Gambar (3) pemasaran sebagai fungsi utama

Dimana fungsi pemasaran sebagai fungsi utama disebuah perusahan, bukan hanya mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan dengan fungsi yang lain. Adapun fungsi-fungsi lainnya seperti produksi, keuangan, personalia adalah dalam rangka mendukung terselenggaranya kegiatan pemasaran.

Gambar (4) pelanggan sebagai fungsi pengendalian

Perkembangan selanjuthya akhirnya sampai kepada suatu konsep yang memandang bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci pokok pemasaran dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Pelanggan dijadikan sumber informasi untuk memperoleh masukan bagi kebijakan dan keputusan-keputusan pemasaran yang diambil oleh manajemen perusahaan.

Gambar (5) pelanggan sebagai fungsi pengendalian dan pemasaran sebagai fungsi terpadu

Dalam pandangan ini kepentingan pelanggan tetap menjadi perhatian pokok, semua hagian bekerja bersama untuk melayani kepentingan-kepentingan pelanggan. Dalam fungsi pemasaran ini pandangan kepada konsep pemasaran sudah sangat luas sekali meliputi berbagai aspek kegiatan yang terkait baik internal maupun eksternal. Koordinasi antara berbagai aspek terkait berdasarkan titik pandang kepentingan pelanggan tersebut merupakan fugsi pemasaran secara terpadu.

 

Konsep Pemasaran Kemasyarakatan

Konsep pemasaran kemasyarakatan adalah konsep yang mampu memenuhi kebutuhan, keinginan dan minat pasar sasaran dengan cara mepertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara keseluruhan.

Contohnya : jika suatu perusahaan menghasilkan mobil yang rendah bahan bakar tapi menyebabkan polusi. Hal ini hanya membuat konsumennya puas, tetapi masyarakat tidak menerima manfaatnya. Perusahaan dengan konsep pemasaran ini, tentu tidak akan menjualnya. Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran kemasyarakatan akan menjual mobil yang rendah bahan bakar dan tidak menyebabkan polusi. Karena dapat membuat konsumen puas dan dapat menerima manfaatnya.

 

Apa itu Marketing mix 4 p?

Marketing mix 4 p adalah bauran pemasaran yang digunakan dalam stategi pemasaran perusahaan yang menawarkan produk atau barang dagang. Marketing mix 4 p terdiri dari:

1.    product (barang dan jasa yang bisa ditawarkan di pasar)

2.    price (kompensasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan)

3.    place (saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan produk)

4.    promotion (tindakan mendorong konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan)

 

Apa itu Marketing mix 7 p?

Marketing mix 7 p adalah bauran pemasaran yang digunakan dalam stategi pemasaran perusahaan jasa. Marketing mix 7 p terdiri dari;

1.    product (barang dan jasa yang bisa ditawarkan di pasar)

2.    price (kompensasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan)

3.    place (saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan produk)

4.    promotion (tindakan mendorong konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan)

5.    People (merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi bisnis yang membutuhkan sumber daya dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen untuk berhadapan dengan karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal.)

6. Process (Layanan jasa ataupun kualitas produk sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.)

7. Physical evidence (bukti fisik yang dapat dirasakan oleh indra manusia baik dengan penglihatan, perabaan, serta penciuman. Bukti fisik ini melingkupi bangunan kantor serta elemen pendukung lain seperti toko, kedai, dan semacamnya.)

 

Perbedaan Digital Marketing dan Online Marketing

a.    Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Selain itu digital marketing juga dapat diartikan sebagai upaya penggunaan jaringan digital, perangkat, dan platform (terlepas dari apakah perangkat atau platform bersifat online atau offline) untuk membuat atau mempromosikan pesan pemasaran. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

 

Jenis/teknik digital marketing adalah:

·         Website

·         E-books

·         Games

·         TV advertising

·         Mobile marketing (sms)

·         Search engine marketing

·         Social media marketing

·         Online advertising

·         E-mail marketing

·         video marketing

 

b.    Online marketing adalah Online marketing adalah sistem pemasaran yang menggunakan media internet sebagai alat dalam aktivitas marketnya.

4     jenis/teknik online marketing adalah:

·         SEO (Search Engine Optimization)

·         PPC (Pay-Per-Click)

·         Display Advertising

·         Social Media Marketing (Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya)

 

 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter