-->

ASPEK POLITIK DALAM KETAHANAN NASIONAL

Berikut adalah materi terkati dengan aspek politik dalam ketahanan nasional. Semoga bermanfaat!


PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Bangsa Indonesia telah  memproklamirkan diri sebagai Negara merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebagai  konsekuensinya bangsa Indonesia harus mampu mempertahankan kemerdekaan dan menjamin kelangsungan hidup bangsadan Negara. Bangsa Indonesia harus mampu mempertahankan eksistensi,identitas,integritas bangsa, dan Negara. Terbentuknya negara Indonesia dilatar belakangi oleh perjuangan seluruh bangsa. Sudah sejak lama Indonesia menjadiincaran banyak negara atau bangsa lain, karena potensinya yang besar, dilihat dariwilayahnya yang luas dengan kekayaan alam yang banyak. Kenyataannya ancaman datang tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam. Terbukti, setelah perjuangan bangsa tercapai dengan terbentuknya NKRI, ancaman dan gangguan dari dalam juga timbul, dari yang bersifat  kegiatan fisik sampai yang idiologis.Untuk itu, bangsa Indonesia harus memiliki ketangguhan dan kekuatannasional agar mampu mengatasi setiap tantangan, ancaman, hambatan, dangangguan dari manapun. Sebenarnya yang paling membahayakan kelangsungan hidup bangsa Indonesia merupakan ancaman dari dalam, khususnya dibidang politik dan pembangunan. Beberapa ancaman dalam dan luar negeri telah dapat diatasi bangsa Indonesia dengan adanya tekad bersama-sama menggalang kesatuan dan kecintaan bangsa. Berbagai pemberontakan PKI, RMS (Republik Maluku Selatan),PRRI Permesta dan juga gerakan sparatis di Timor- Timur yang pernah menyatakan dirinya berintegrasi dengan Indonesia, meskipun akhirnya kenyataan politik menyebabkan lepasnya kembali daerah  tersebut. Ancaman sparatis dewasa ini ditunjukan dengan banyaknya wilayah atau propinsi di Indonesia yang  menginginkan dirinya merdeka lepas dari Indonesia seperti Aceh, Riau, Irian Jaya,dan beberapa daerah lain begitu pila beberapa aksi provokasi yang mengganggu kestabilan  kehidupan  sampai terjadinya berbagai kerusuhan yang diwarnai nuansaetnis dan agama dan gangguan dari luar adalah gangguan dari negara lain yang ingin menguasai pulau-pulau kecil yang masih berada di didalam wilayah NKRI namun dekat dengan wilayah negara lain. 

  1. Rumusan Masalah

1.Apakah itu ketahanan nasional?

2.Jelaskan ketahanan nasional dibidang politik?

3.Bagaimana hubungan ketahanan nasional di bidang politik ?

  1. Tujuan

1. Menjelaskan pengertian ketahanan nasional

2. Menjelaskan ketahanan nasional di bidang politik

3. Menjelaskan Hubungan ketahanan nasional dibidang politik


PEMBAHASAN

  1. Pengertian Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional adalah kondisi dinamika yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam dan Negara juga secara langsung ataupun tidak langsung yang membahayakan  untuk menjamin identitas, integritas, kelangsungan hidup bangsa dan Negara, serta perjuangan mencapai tujuan nasional.

Dalam pengertian tersebut, Ketahanan Nasional merupakan kondisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan. Hakikat Ketahanan Nasional Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional.

B.     Ketahanan Nasional dibidang Politik

Politik adalah bermacam-macam kegiatan yang menyangkut proses menentukan tujuan dari sistem negara dan upaya untuk melaksanakan tujuan itu. Tujuan tersebut dapat berupa pengambilan keputusan mengenai apa yang menjadi tujuan sistem politik itu sendiri dimana menjadi penseleksian antara beberapa alternatif dan sekala prioritas dari tujuan itu. Kemudian pengambilan keputusan tersebut diwujudkan dalam kebijaksanaan kebijaksanaan umum yang menyangkut pengaturan dan pembagian.

Ketahanan nasional bidang politik adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa, yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan potensi nasional menjadi kekuatan nasional, sehingga dapat menangkal dan mengatasi segala kesulitan dan gangguan yang dihadapi oleh negara baik yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri. Ketahanan pada bidang politik mutlak diperlukan untuk membina stabilitas politik dengan mengembangkan kehidupan demokratis yang memadukan kebebasan aktif dan bertanggung jawab.

Ketahanan nasional di bidang politik dapat dilihat dari 2 konteks, yaitu politik dalam negeri dan politik luar negeri.

a.       Politik Dalam Negeri

Politik dalam negeri adalah kehidupan kenegaraan berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang mampu menyerap aspirasi dan dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam suatu sistem. Unsur-unsurnya terdiri atas struktur politik, proses politik, budaya politik, komunikasi politik, dan partisipasi politik.

Struktur politik merupakan wadah penyaluran kepentingan masyarakat dan sekaligus wadah pengkaderan pimpinan nasional. Proses politik merupakan suatu rangkaian pengambilan keputusan tentang berbagai kepentingan politik maupun kepentingan umum yang bersifat nasional dan penentuan dalam pemilihan kepemimpinan yang puncaknya terselenggara melalui pemilu. Komunikasi politik adalah suatu hubungan timbale balik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di mana rakyat merupakan sumber aspirasi dan sumber pimpinan nasional.

Budaya politik merupakan pencerminan dari aktualisasi hak dan kewajiban yang dilaksanakan secara sadar dan rasional melalui pendidikan politik maupun kegiatan politik yang sesuai dengan disiplin nasional. Menurut Gabriel A. Almond dan Sidney Verba, kebudayaan politik suatu bangsa merupakan distribusi pola-pola orientasi khusus menuju tujuan politik diantara masyarakat bangsa itu, yang tidak lain adalah pola tingkah laku individu yang berkaitan dengan kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota dalam suatu sistem politik (Sastroatmodjo, 1995 : 36).

b.      Politik Luar Negeri

Politik luar negeri adalah salah satu sasaran pencapaian kepentingan nasional dalam pergaulan antarbangsa. Politik luar negeri Indonesia berlandaskan Pembukaan UUD 1945, melaksanakan ketertiban dunia, berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial dan anti penjajahan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Politik luar negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. Bebas, berarti Indonesia tidak memihak pada kekuatan-kekuatan yang pada dasarnya tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Aktif, berarti Indonesia dalam percayuran internasional tidak bersifat reaktif dan tidak menjadi obyek, tetapi berperan atas dasar cita-citanya.

Dalam politik luar negeri terus dikembangkan menurut prioritas dalam rangka meningkatkan kerjasama antarnegara berkembang serta negara berkembang dengan negara maju sesuai kemampuan dan kepentingan nasional. Peran Indonesia dalam membina dan mempererat persahabatan dan kerjasama antarbangsa yang saling menguntungkan perlu ditingkatkan.

Ada beberapa Faktor yang memengaruhi Ketahanan Politik di Indonesia yaitu

  1. Adanya  ideologi  Nasional  yang dapat  mewujudkan suatu realitas politik dan memiliki fleksibilitas yang dapat menyesuaikan dan mengisi kebutuhan dan tuntunan zaman.
  2. Adanya pimpinan Nasional yang kuat, berwibawa disamping mengerti dan mampu mengisi aspirasi dan cita-cita rakyat.
  3. Adanya pemerintah yang bersih, efesien dan  efektif, mampu  menyelenggarakan pemerintahan   yang   demokratis   dan   menyelenggarakan   pembangunan   dalam peningkatan taraf hidup rakyat.
  4. Adanya  masyarakat   yang   mempunyai   kesadaran   politik,disiplin nasional dan dinamika sosial yang tinggi sehingga tumbuh motivasi dan aktivitas konstruktif yang membangkitkan partisipasi aktif dalam pembangunan nasional.
  1. Hubungan Ketahanan Nasional dibidang Politik

a.      Hubungan ketahanan nasional di bidang politik dan pembangunan

Ketahanan nasional dibidang politik memang sangat berpengaruh pada pembangunan. Dengan ketahanan nasional pada aspek politik yang baik dan berpengaruh pada pembangunan nasional.

Sesuai yang diuraikan di atas ketahanan nasional dibidang politik merupakan kondisi yang dinamis, yang didalamnya yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kehidupan politik bangsa dan negara. Kehidupan politik yang stabil dan bebas hambatan dari dalam maupun dari luar akan mempengaruhi pembangunan. Oleh sebab itu maka dibutuhkan ketahanan nasional dalam bidang politik agar menjadi benteng yang kokoh dalam menangkis efek-efek negatif globalisasi dan pengaruh luar negeri yang dapat menghambat pembangunan.

Selain itu ketahanan nasional politik Indonesia dari luar negeri juga mempengaruhi pembangunan. Karena perkembangan, perubahan dan dan gejolak dunia terus diikuti dan dikaji dengan tujuan nasional dapat dipikirkan secara dini.

b.      Hubungan ketahanan nasional di bidang politik dan di bidang pembangunan

Keberhasilan perjuangan di bidang politik yang semakin mengukuhkan keberadaan negara Indonesia yang baru lahir yaitu berupa dukungan pengakuan dari berbagai negara atas kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dan negara Indonesia. Para tokoh nasional dengan cepat dan tepat memanfaatkan momentum proklamasi kemerdekaan ini dengan bentuk negara. Sistem kenegaraan serta menyusun dan meletakkan dasar-dasar fundamental bagi penyelenggaraan negara berikut susunan dan perlengkapannya. Seiring dengan mulai berfungsinya pemerintahan negara kalangan pejuang bersenjata pun segera mengorganisasikan cirinya ke dalam wujud organisasi ketentaraan maupun kepolisian yang resmi menjadi bagian dari perangkat penyelenggaraan negara.

Berhasilnya pembangunan nasional akan meningkatkan ketahanan nasional. Selanjutnya ketahanan nasional yang tangguh akan mendorong pembangunan. Ancaman yang berasal dari luar maupun dalam. Dan selanjutnya berhasilnya suatu pembangunan nasional akan meningkatkan ketahanan nasional politik. Kemudian ketahanan nasional politik akan mendorong pembangunan.

PENUTUP 

1.      Kesimpulan

 Pengertian politik selama ini belum memiliki definisi yang seragam. Pada umumnya dapat dikatakan bahwa politik ialah bermacam-macam kegiatan suatu sistem politik (negara) yang menyangkut proses suatu sistem Yang menentukan tujuan. tujuan sistem politik itu sendiri dimana menjadi penseleksian antar beberapa alternatif dan sekala prioritas. Kemudian pengambilan keputusan tersebut diwujudkan dalam kebijaksanaan kebijaksanaan umum yang menyangkut pengaturan dan pembagian. Mengingat politik sendiri selalu menyangkut tujuan tujuan dari seluruh masyarakat, bukan tujuan pribadi seorang dalam artian politik praktis. 

2.      Saran

Dengan ditulisnya makalah yang berjudul aspek politik dalam ketahanan nasional, diharapkan pembaca memahami tentang aspek politik dalam ketahanan nasional sehingga dapat menambah wawasan pengetahuan dan dapat digunakan sebagai bekal bagi calon pendidik di masa mendatang





Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter